Power Point (PPT) Materi Respirasi Sel

download ppt materi respirasi sel
Materi tentang respirasi sel

KakaKiky - Respirasi adalah proses menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Sedangkan yang dimaksud dengan respirasi sel adalah proses perombakan molekul organik kompleks yang kaya akan energi potensial menjadi produk limbah dengan energi yang lebih rendah pada tingkat seluler.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah materi tentang respirasi sel. Kamu juga bisa download power point (ppt) materi respirasi sel pada postingan ini lengkap dengan isi materinya.

Isi Materi PPT Respirasi Sel

Berikut ini adalah isi materi yang terdapat dalam PPT respirasi sel pada mata pelajaran biologi. Jika ingin mendownload file PPT berikut, silahkan scroll ke sesi paling bawah dan klik tombol download.

Pengertian Metabolisme, Anabolisme, dan Katabolisme

1. Metabolisme

Metabolisme adalah proses pengolahan zat gizi dari makanan yang telah diserap oleh tubuh yang akan diubah menjadi energi. Energi kemudian digunakan dalam segala fungsi tubuh, mulai dari bernapas, berpikir, bertumbuh, hingga tiap gerakan yang dilakukan dalam aktivitas sehari-hari.

2. Anabolisme

Anabolisme adalah suatu proses pembentukan molekul kompleks di dalam tubuh dari sel yang lebih sederhana sehingga membutuhkan energi.

3. Katabolisme

Katabolisme adalah proses alami yang terjadi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi. Proses ini akan memungkinkan tubuh untuk bergerak dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Pengertian Respirasi Aerobik

Respirasi aerob adalah proses reaksi pemecahan senyawa glukosa yang membutuhkan bantuan dari oksigen. Pada proses ini oksigen akan membantu menangkap elektron, lalu akan bereaksi terhadap ion hidrogen dan menghasilkan air.

Pengertian Respirasi Anaerobik

Respirasi anaerob adalah proses katabolisme yang tidak memerlukan oksigen dalam menghasilkan energi. Respirasi anaerob ini terjadi pada organisme seperti bakteri, ragi, dan organisme prokariotik lainnya yang berada pada lingkungan dengan kadar oksigen rendah.

Tahap-Tahap Respirasi Seluler

Berikut ini adalah tahapan-tahapan respirasi seluler:

1. Glikolisis

Glikolisis adalah serangkaian reaksi biokimia yang mana glukosa dioksidasi menjadi molekul asam piruvat. Glikolisis merupakan salah satu proses metabolisme yang paling universal yang kita kenal dan terjadi di banyak jenis sel dalam hampir seluruh bentuk organisme (mahkluk hidup).

2. Dekarboksilasi Oksidatif

Dekarboksilasi Oksidatif adalah peristiwa pelepasan gugus karboksil dari Asam piruvat (2C3) dan penambahan molekul KoA sehingga menghasilkan Asetil KoA dalam suasana aerob yang berlangsung pada membran krista mitokondria.

3. Siklus Krebs

Siklus Krebs adalah sikul asam sitrat, sebelum asam piruvat masuk ke siklus krebs mula-mula diubah menjadi asetil CoA. Kemudian asetat dari asetil CoA masuk sebagai molekul berkarbon dua dan bertemu dengan oksaloasetat untuk membentuk sitrat. Selanjutnya menguraikan sitrat kembali menjadi oksaloasetat sehingga terbentuk sikuls dengan melepaskan karbon dioksida, ATP, dan molekul-molekul pembawa elektron.

4. Transpor Elektron

Rantai transpor elektron menerima elektron dari produk hasil perombakan glikolisis dan siklus krebs serta mentransfer elektron dari satu molekul ke molekul yang lainnya. Energi yang dilepaskan dari setiap pelepasan elektron tersebut digunakan untuk membuat ATP.

Download PPT Tentang Respirasi Sel

Untuk mendapatkan isi materi yang lebih banyak tentang respirasi sel lengkap dengan gambar, kamu bisa langsung mendownload materinya di bawah. Bila belum paham bagaimana cara mendownload, klik tombol cara download terlebih dahulu.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang materi respirasi sel lengkap dengan PPT yang bisa kamu download secara gratis. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang membaca. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Artikel ini dipilih untuk dimasukkan dalam kampanye "Blog Edukasi Terbaik 2023" dari penerbit bahan ajar pendidikan Twinkl.

Posting Komentar untuk "Power Point (PPT) Materi Respirasi Sel"