Cara Mencegah Anak Mengakses Konten Negatif di Internet

cara mencegah anak mengakses konten negatif di internet

KakaKiky - Dibalik banyaknya manfaat internet sebagai sumber informasi atau mendapatkan alat dan kemudahan dalam membantu anak belajar atau sebagai sarana hiburan, tetap saja ada bahaya yang mengancam. Salah satunya adalah anak rentan terpapar konten negatif yang banyak beredar di internet. Maka mau tidak mau, Anda sebagai orang tua perlu berupaya melindungi anak dari paparan konten negatif. Caranya bagaimana? Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini.

7 Tips Melindungi Anak dari Konten Negatif di Internet

tips jitu cegah anak akses konten internet negatif dan berbahaya

Terapkan 7 tips jitu berikut ini agar anak dapat terhindar dari konten-konten negatif yang bertebaran di Internet.

1. Ajak Anak Berdiskusi Tentang Bahaya Konten Negatif

Paparan konten negatif memang bisa saja anak akses tanpa sengaja, bahkan setelah orang tua di rumah melakukan kontroling yang ketat. Sebab, tetap ada potensi anak mengaksesnya di ponsel milik temannya atau malah pergi ke warung internet, misalnya.

Untuk pencegahan, lebih baik ajak anak berdiskusi mengenai bahaya konten negatif, termasuk bentuk, media, maupun dampaknya bagi perkembangan diri anak.

Sesuaikan pembahasan dengan usia anak ya, dan pastikan anak juga bisa menjaga keamanan dan privasi mereka ketika menggunakan internet.

2. Tetapkan Jadwal Akses Internet

Bangun kebiasaan untuk menggunakan internet sesuai kebutuhan dan tetapkan kapan anak boleh mengakses internet untuk kebutuhannya belajar atau untuk mendapatkan hiburan. Lebih bagus lagi, orang tua bisa membantu anak memilih konten yang sesuai untuknya.

3. Orang Tua Harus Punya Kontrol Penuh Atas Aktivitas Online Anak

Anak-anak belum memiliki kemampuan yang cukup untuk mengontrol aktivitasnya di dunia online, termasuk memutuskan mana yang baik dan mana yang tidak baik untuknya. Oleh karena itu, orang tua perlu punya kontrol penuh atas aktivitas online anak.

Jika di rumah sudah menggunakan koneksi internet cepat dan stabil dari IndiHome, Anda bisa menggunakan aplikasi myIndiHome untuk mengontrol akses internet anak. Misalnya membatasi waktu menggunakan internet, melakukan pemblokiran pada situs-situs berbahaya bagi anak, bahkan bisa mengontrol aktivitas online anak.

4. Jadilah Contoh yang Baik

Anak biasanya belajar dengan meniru orang tuanya. Jika ingin anak bijak berinternet, maka orang tuanya perlu jadi contoh yang baik. Maka, orang tua juga harus menggunakan internet dengan bijak dan tunjukkan bahwa Anda juga memperhatikan privasi dan keamanan online.

5. Ajarkan kepada Anak Cara Memilih Konten yang Aman dan Bermanfaat

Ajarkan anak Anda untuk memilih konten yang aman dan positif, seperti situs web pendidikan atau hiburan yang sehat. Tunjukkan kepada mereka cara mencari sumber informasi yang dapat dipercaya dan bagaimana mengevaluasi kebenaran informasi tersebut.

6. Bangun Kebiasaan Berkomunikasi Terbuka

Tetap terbuka dan mendengarkan pendapat anak Anda. Buatlah ruang diskusi terbuka tentang internet dan bahaya konten negatif yang dapat membantu anak Anda merasa nyaman untuk membicarakan kekhawatiran atau pengalaman yang mereka alami di internet.

7. Fasilitasi Anak dengan Internet yang Bisa Anda Kontrol dan Materi Edukasi

Berikan penghargaan pada anak Anda: Berikan penghargaan pada anak Anda ketika mereka memilih konten yang aman dan positif. Dengan cara ini, anak Anda akan merasa terinspirasi dan termotivasi untuk terus memilih konten yang baik di internet.

Cara Mengontrol Aktivitas Internet dan Menyediakan Materi Edukasi yang Mendidik

Dengan cara yang tepat, teknologi dan internet bisa Anda gunakan sebagai alat yang membantu dalam proses belajar mengajar serta memaksimalkan potensi anak. Apalagi dari situs pembanding harga terkenal, ada rilis yang tentang Paket Bundling IndiHome.

cara mengontrol aktivitas internet anak menggunakan IndiHome

Dengan menjadi pelanggan yang menggunakan paket bundling IndiHome tersebut, Anda bisa mendapatkan akses ke berbagai platform belajar online dan materi edukasi original dari IndiHome.

Beberapa platform belajar online yang bisa Anda dapatkan, di antaranya Khan Academy, Rumah Belajar, Quipper, dan sebagainya.

Lalu, IndiHome dari Telkom Indonesia juga memiliki beberapa materi edukasi khusus untuk anak yang bisa Anda akses secara gratis, yaitu:

  • IndiHome Edukasi: akses ke berbagai video pembelajaran untuk anak SD - SMA,  latihan soal, dan ulangan online. Layanan ini dapat membantu anak memahami dan menguasai materi pelajaran dengan mudah.
  • IndiHome Study: memiliki fitur kelas online, Virtual Library, dan Online Exam. Layanan ini dapat membantu anak dalam belajar di rumah dengan lebih efektif.
  • IndiHome Kids: menyediakan konten edukasi berupa video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang aman dan bermanfaat untuk anak-anak.

Dengan menjadi pelanggan IndiHome dari Telkom Indonesia, Anda bisa memanfaatkan fitur dan layanan e-learning atau platform belajar digital. Dengan cara ini, Anda dapat membantu proses belajar anak dengan lebih efektif dan efisien.