8 Faktor Utama yang Membuat Video Menjadi Viral

faktor utama dalam membuat video jadi viral

KakaKiky - Dalam era digital ini, fenomena terkait video viral telah menjadi semacam tolok ukur keberhasilan dalam menyampaikan pesan atau konten secara luas. Video yang viral mampu menjangkau jutaan orang dalam waktu singkat, menciptakan dampak besar di ranah online. Namun, pertanyaannya adalah, sebenarnya apa yang membuat suatu video menjadi viral? Mari kita telusuri beberapa faktor utama yang dapat membuat sebuah video menjadi viral.

Apa Faktor dan Cara Membuat Video Viral?

Ada banyak faktor yang membuat sebuah video menjadi viral. Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa kamu pelajari agar kamu paham bagaimana cara membuat video viral di TikTok, Instagram, YouTube, dan platform lainnya.

1. Konten Berkualitas Tinggi

tips dan cara membuat konten berkualtias tinggi

Penting untuk diingat bahwa kualitas konten adalah kunci utama. Video yang berkualitas tinggi, baik dari segi visual, audio, maupun isi konten, memiliki daya tarik yang jauh lebih besar. Kualitas gambar yang tajam, audio yang jernih, dan narasi yang menarik dapat meningkatkan kemungkinan video tersebut menjadi viral. Jadi, pastikan untuk memberikan perhatian ekstra saat kamu memproduksi konten sebelum membagikannya ke sosial media.

2. Kesesuaian dengan Target Audience

Sukses atau tidaknya suatu video dalam mencapai status viral, sangat tergantung pada sejauh mana kontennya relevan dengan target audiens. Memahami siapa target audiens, apa yang mereka sukai, dan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan konten di media sosial adalah langkah yang sangat penting. Sebuah video yang dapat mengaitkan dirinya dengan kepentingan dan nilai-nilai yang dihargai oleh audiens memiliki peluang lebih besar untuk menjadi viral.

3. Emosional dan Menghibur

cara membuat konten yang emosional dan menghibur

Video yang memiliki elemen emosional atau menghibur memiliki daya tarik yang kuat. Manusia secara alami tertarik pada cerita-cerita yang membangkitkan emosi, baik itu tawa, tangis, atau kekaguman. Menciptakan konten yang mampu membuat penonton tertawa, terharu, atau terkejut adalah cara yang efektif untuk meningkatkan potensi menjadi video viral.

4. Unik dan Berbeda

Keunikan suatu video dapat menjadi pembeda utama antara yang menjadi video viral dan yang tidak. Dunia digital dipenuhi dengan berbagai konten, dan untuk membedakan diri, kamu perlu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Jika video kamu memiliki elemen keunikan yang membuatnya menonjol, kemungkinan besar akan lebih mudah untuk menarik perhatian dan dibagikan oleh banyak orang.

5. Ketepatan Waktu

Beberapa video menjadi viral karena berhasil menangkap momentum atau peristiwa tertentu yang sedang tren. Ketepatan waktu sangat penting. Mengetahui apa yang sedang ramai diperbincangkan di dunia online dan dapat menghubungkannya dengan konten kamu dapat menjadi kunci kesuksesan. Oleh karena itu, selalu up-to-date dengan tren dan isu-isu terkini.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang content creator tentang edukasi dan karir, maka pada saat musim pendaftaran CPNS akan dibuka, kamu bisa membuat berbagai konten yang berhubungan dengan hal tersebut. Dengan begitu, video kamu akan sangat mungkin untuk menjadi viral.

tempat baca berita terkinik aktual dan terpercaya

Agar kamu tidak ketinggalan berita ataupun tren untuk membuat video viral, kamu bisa mengikuti dan membaca berita terkini yang sedang viral dan trending di beranda.co.id. Pada website ini kamu akan menemukan begitu banyak pembahasan yang sedang viral, sehingga bisa menjadi inspirasi tambahan bagi kamu untuk membuat konten video.

6. Konten yang Shareable

Konten shareable adalah konten yang dibuat memang untuk dibagikan ke banyak orang. Dengan membuat konten jenis ini, video kamu akan lebih mudah untuk menjadi viral. Salah satu contoh konten shareable adalah konten yang isinya sangat relate dengan kehidupan audiens atau orang terdekat audiens, dengan begitu mereka akan lebih tertarik untuk membagikannya karena mereka merasa itu relate dengan kehidupannya.

7. Interaksi dengan Penonton

Interaksi dengan penonton adalah kunci dalam membuat video viral. Respon positif terhadap komentar, menyelenggarakan kuis, atau mengajak penonton untuk berpartisipasi dalam suatu challenge dapat meningkatkan interaksi. Semakin banyak orang yang terlibat, semakin besar peluang untuk menjadi viral.

8. Promosi yang Efektif

Meskipun viralitas dapat terjadi secara alami, tidak ada yang salah dengan melakukan promosi. Berbagi video di berbagai platform, menggunakan iklan yang ditargetkan, dan berkolaborasi dengan influencer dapat membantu meningkatkan visibilitas dan kemungkinan video menjadi viral. Selain itu, juga memungkinkan kamu untuk menambah followers tiktok, instagram, youtube, dan sosial media lainnya.

Kesimpulan

Dalam dunia digital yang dipenuhi beragam jenis konten video, membuat video menjadi viral bukanlah tugas yang mudah. Namun, dengan memperhatikan faktor-faktor di atas, kamu dapat meningkatkan peluang membuat video viral. Penting untuk terus mengikuti tren, mendengarkan audiens, dan berinovasi agar konten yang kamu buat tetap relevan dan menarik.

Seiring dengan itu, jangan lupa bahwa viralitas bukanlah tujuan utama, melainkan memberikan nilai dan pengalaman positif kepada penonton. Semoga tips di atas dapat membantu kamu menciptakan video yang viral.

4 komentar untuk "8 Faktor Utama yang Membuat Video Menjadi Viral"

Comment Author Avatar
Saya belum bisa bikin reels saya FYP atau viral. Kayaknya emang butuh terus praktik, ya. Mungkin nanti saya bisa pakai tips-tips yang ditulis dalam artikel ini.
Comment Author Avatar
Pantesan video-video saya di media sosial ga viral-viral, ternyata belum memenuhi kategori yang disebutkan di atas. Harus banyak belajar lagi nih untuk cara membuat video yang bagus untuk di media sosial. Terima kasih Kak Kikiy untuk sharing ilmunya
Comment Author Avatar
Sampai saat ini saya masih terus belajar bikin video Mas. Dan sesuai pengalaman saya, justru video yang saya buat khusus, malah penonton sedikit. Yang asal saja, malah banyak yang nonton hehehe.
Comment Author Avatar
poin yang paling bikin video jadi viral di siosmed sih saya rasa adalah promosi yang efektif. Soalnya, gak sedikit loh konten kreator yang punya kualitas video bagus dengan konten bagus juga tapi gak viral. ternyata ya ada di faktor strategi promosinya. Ini agak sulit sih, biasanya jadi viral karena di posting oleh influencer yang terkenal juga. nah gimana caranya biar bisa di posting oleh influencer terkenal, tentu ada step yang harus dilakukan ya