Apa Itu Pramuka Garuda? - Penjelasan Lengkap Tentang Pramuka Garuda

Pict From Instagram Account @fidela.wdy
KakaKiky - Hai kakak kakak! Apa kabarnya nih? Baik baik saja kan, kali ini iky akan membahas tentang Pramuka Garuda loh, siapa sih yang gamau jadi Pramuka Garuda? Hehehe iky yakin pasti kakak kakak semua pada kepingin nih untuk menjadi Pramuka Garuda.

Tapi sebelum itu, apakah kakak kakak tahu apa itu Pramuka Garuda? Loh katanya tadi mau jadi Pramuka Garuda masa yang dimaksud dengan Pramuka Garuda kakak gatau sih? Oke deh jangan panik! Karena di artikel ini iky memang akan membahas secara lengkap tentang apa itu Pramuka Garuda. Ayo disimak dengan baik ya kak, supaya ilmunya jadi nambah hehehe!

PENGERTIAN PRAMUKA GARUDA

Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan dalam Pramuka baik itu Siaga, Penggalang, Penegak, maupun Pandega. Pramuka Garuda sendiri sudah diatur dalam keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 101 Tahun 1984 tentang petunjuk penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Seorang peserta didik yang telah mampu mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah mampu memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti test ataupun uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Pramuka Garuda.

Setelah peserta didik mengajukan permohonan Kwartir akan mengevaluasi si peserta didik itu tentang kelayakan-kelayakannya, baik itu dari segi mental, ataupun segi kelayakan persyaratan. Setelah dinilai mantap dan memenuhi persyaratan, calon Pramuka Garuda tersebut akan diwawancarai oleh tim penguji yang terdiri dari tokoh Kwartir, gugus depan, guru, orang tua, dan tokoh masyarakat.

Baca: Cara Menjadi Anggota Pramuka Garuda

Setelah Calon Pramuka Garuda tersebut lulus tes wawancara dan juga tes kecakapan, seorang peserta didik akan dilantik menjadi Pramuka Garuda. Pelantikan itu sendiri biasanya akan dilakukan  bertepatan dengan hari yang bermakna khusus, baik bagi peserta didik tersebut ataupun bagi Gerakan Pramuka. Misalkan seperti pada HARI PRAMUKA 14 Agustus. Pelantikan tersebut nantinya akan dihadiri oleh Tim Penguji, orang tua dan tokoh Pramuka.

Nah itu dia penjelasan singkat dan padatnya tentang apa yang dimaksud dengan Pramuka Garuda, jangan lupa share artikel ini ya kak! semoga bermanfaat untuk seluruh anggota Pramuka di Indonesia, cukup sekian, Wassalamu’alaikum dan Salam Pramuka!

5 komentar untuk "Apa Itu Pramuka Garuda? - Penjelasan Lengkap Tentang Pramuka Garuda"

Comment Author Avatar
Mantap.... Makasih penjelasannya kak....
Comment Author Avatar
Siap sama-sama kak! Senang bisa membantu.. :)
Comment Author Avatar
PP Pramuka Terbaru no. 038 tahun 2017
Comment Author Avatar
@Unknown ayo dicoba dulu, dan coba juga untuk membuat agar kwarannya menjadi aktif dengan mengadakan kegiatan kegiatan kepramukaan :)
Comment Author Avatar
@KhaidirAzharAli.M Terima kasih kak khaidir :D