Sejarah Singkat Pramuka Di Dunia Terlengkap

Pict From Instagram - @cepnuh_
KakaKiky - Pada artikel kali ini, iky akan membahas tentang Sejarah Kepramukaan Di Dunia secara lengkap, mari disimak dengan seksama dan semoga dapat bermanfaat!

Sejarah Kepramukaan di Dunia tidak bisa kita lepaskan dari peranan penting seorang Baden Powell. Dia adalah seorang Tentara Inggris yang lahir di London, Inggris pada tanggal 22 Februari tahun 1857 ini lah yang menggagas kegiatan yang dalam sejarah kemudian terkenal dengan sebutan kepramukaan atau scouting.

Sejarah mencatat bahwa buku Aids to Scouting (1899) yang berisikan pengalaman Baden Powell pada masanya di ketentaraan itu menarik minat, dan juga banyak dibaca, tidak hanya oleh kalangan militer saja melainkan oleh para guru dan organisasi-organisasi pemuda.

Minat dari masyarakat terhadap buku Aids to Scouting yang tinggi ini membuat William Alexander Smith (Pimpinan Boys Brigade Inggris) meminta Baden Powell untuk melatih 22 pemuda. Oleh Baden Powell, ke-22 pemuda ini diajak untuk berkemah di pulau Brownsea selama 8 hari pada tanggal 25 Juli hingga 2 Agustus 1907. Tercatat dalam sejarah, perkemahan tersebut telah menginspirasi Baden Powell untuk menulis buku 'Scouting for Boys' (1908).

Selain diilhami buku-bukunya yang terdahulu, buku ini juga mendapatkan masukan dan dukungan dari Frederick Russell Burnham (Chief of Scouts in British Africa),  Ernest Thompson Seton dari Woodcraft Indians (Amerika), serta William Alexander Smith dari Boys Brigade.




Dan seperti yang terjadi sebelum-sebelumnya, buku ini menjadi laris manis, bahkan di seantero dunia. Buku Scouting for Boys menjadi rujukan serta pedoman penyelenggaraan kegiatan serupa di seluruh dunia. Kegiatan-kegiatan tersebut yang kemudian kita kenal dengan sebutan kepramukaan atau scouting. Kemah di pulau Brownsea dan buku 'Scouting for Boys' ini dianggap sebagai tonggak awal sejarah kepramukaan di dunia.

Sejarah juga mencatat bahwa buku “Scouting for Boys” tersebar luas di Inggris dan negara-negara lain. Buku inilah yang menginspirasi berdirinya organisasi kepramukaan di Inggris dan sekitarnya. Sehingga mulai bermunculan kegiatan-kegiatan untuk para pemuda dengan menerapkan ide-ide Baden Powell. Perlu diketahui juga bahwa semula kepramukaan hanya ditujukan bagi anak laki-laki berusia 11 sampai 18 tahun dengan nama Boys Scout.




Namun pada tahun 1912 atas bantuan adik perempuan Baden Powell, Agnes berinisiatif mendirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides. Organisasi ini kemudian diteruskan oleh istri Baden Powell.

Pict From Instagram - @cepnuh_
Kemudian pada tahun 1916 berdiri kelompok pramuka untuk usia siaga dengan nama Cub (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman untuk kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh sang induk serigala.

Tahun 1918 Baden Powell pun membentuk "Rover Scout" bagi mereka yang telah menginjak usia 17 tahun. Kemudian di tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menceritakan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya untuk menuju ke pantai bahagia.

Pada tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia untuk pertama kali di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).  

Tahun 1914 Baden Powell menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana pada tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, beliau mendapatkan sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.




Tahun 1920 dibentuklah WOSM atau World Organization of the Scout Movement (Organisasi Gerakan Pramuka Sedunia). Sekretariat (kantor pusat WOSM) disebut dengan World Scout Bureau (Biro Pramuka Dunia). Biro Pramuka Dunia pertama kali berlokasi di London, Inggris. Pada tahun 1958 dipindah ke Ottawa Kanada dan tahun 1968 dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss.

World Scout Bureau sendiri dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal Biro Pramuka Dunia. Saat ini Sekretaris jenderal WOSM dijabat oleh Scott Teare. 

Biro Kepramukaan sedunia memiliki 5 kantor kawasan yaitu terletak di Kawasan Afrika, berkantor di Nairobi, Kenya; Kawasan Arab, berkantor di Kairo, Mesir; Kawasan Asia Pasifik, berkantor di Manila, Filipina; Kawan Eurasia, berkantor Kiev, Ukraina; Kawasan Eropa, berkantor di Jenewa Swiss; dan Kawasan Inter-Amerika, berkantor di Panama City, Panama.

Negara Indonesia bergabung menjadi anggota WOSM sejak tahun 1953. Selain WOSM, di dunia juga terdapat beberapa organisasi kepramukaan lainnya seperti WAGGGS (World Association of Girl Guides and Girl Scouts atau Asosiasi Kepanduan Putri Sedunia).

Itulah sejarah Kepramukaan Di Dunia Terlengkap yang telah iky rangkum menjadi sebuah artikel, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kakak-kakak semua, jangan lupa untuk share artikel ini dan tinggalkan komentar bila ada pertanyaan ataupun kritikan, cukup sekian wassalamu’alaikum and Be Prepared!
Follow Instagram admin : @kakakiky.id