Sejarah dan Twibbon Hari Artileri Nasional Tahun 2023

twibbon hari artileri nasional 2023 tanpa watermark

KakaKiky - Hari Artileri Nasional, yang diperingati setiap tanggal 4 Desember, merupakan simbol penting dari peresmian Markas Artileri pada 4 Desember 1945. Artileri, sebagaimana diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merujuk pada senjata untuk melontarkan proyektil. Dalam konteks TNI Angkatan Darat, artileri menjadi bagian integral dari pasukan bersenjata berat.

Sejarah Artileri di Indonesia

1. Lahirnya Artileri di Indonesia

Sejarah artileri di Indonesia dimulai pada masa penjajahan Belanda. Pemuda Indonesia pada waktu itu dilatih oleh pihak Belanda untuk mengoperasikan senjata artileri berat. Inilah titik awal lahirnya artileri di Indonesia, di mana beberapa pemuda muda berbakat seperti Soerio Santoso, Memet Rahman Ali Soewardi, Sadikin, Oerip Soemohardjo, Raden Askari, dan lainnya, menerima pelatihan artileri dari Belanda.

2. Pertempuran Surabaya dan Kemerdekaan Indonesia

Perubahan besar terjadi ketika tentara kekaisaran Jepang menyerah pada 16 Agustus 1945. Pemuda Indonesia yang telah terlatih dalam penggunaan artileri mengambil alih peran ini untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Pada 5 Oktober 1945, lahir Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan pelatihan khusus di bawah pimpinan Kapten Soewandi dimulai dengan menggunakan persenjataan hasil rampasan dari Jepang.

Pada 10 November 1945, pemuda Indonesia yang telah terlatih dalam senjata artileri berhadapan dengan tentara sekutu dalam Pertempuran Surabaya. Mereka menggunakan senjata artileri peninggalan Jepang untuk melawan pasukan sekutu.

3. Peresmian Markas Artileri dan Hari Artileri Nasional

Setelah pertempuran tersebut, pada 4 Desember 1945, Letnan Jenderal Urip Soemohardjo meresmikan Markas Artileri. Markas ini, bagian dari jawatan persenjataan Markas Besar Tentara (MBT) yang berkedudukan di Yogyakarta, menjadi lambang keberhasilan pemuda Indonesia dalam mengambil alih kendali artileri.

Letnan Kolonel R.M Pratikno Suryo Sumarno kemudian ditunjuk sebagai Komandan Artileri Pertama Indonesia. Sebagai penghormatan terhadap peresmian ini, setiap tanggal 4 Desember ditetapkan sebagai Hari Artileri Nasional.

Pasang Twibbon Hari Artileri Nasional 2023 Tanpa Watermark

Untuk merayakan Hari Artileri Nasional, banyak yang berpartisipasi dengan memasang twibbon di foto profil mereka. Berikut twibbon tanpa watermark yang telah saya sediakan agar bisa kamu gunakan:

download twibbon hari artileri nasional tahun 2023

Cara Pasang Twibbon Hari Artileri Nasional 2023 di HP

Berikut ini adalah cara memasang twibbon hari Artileri Nasional tahun 2023 langsung di HP tanpa watermark dan gratis:

cara pasang twibbon artileri nasional lewat hp

  1. Klik tombol pasang twibbon yang ada di atas.
  2. Setelah masuk ke dalam halaman twibbon artileri nasional, silahkan klik tombol pilih foto.
  3. Pilihlah foto terbaik yang ingin kamu pasang.
  4. Klik tombol selanjutnya, lalu klik tombol unduh.

Kesimpulan

Sejarah Hari Artileri Nasional tidak hanya mencerminkan perjalanan panjang dan perjuangan para pemuda Indonesia dalam menguasai senjata artileri. Lebih dari itu, peristiwa ini menjadi cerminan peran strategis artileri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Merayakan Hari Artileri Nasional adalah mengenang jasa-jasa para pahlawan yang dengan keberanian dan keterampilan mereka membentuk artileri sebagai bagian tak terpisahkan dari pertahanan negara. Semoga peringatan ini selalu menginspirasi semangat kebangkitan dan ketahanan nasional kita.

2 komentar untuk "Sejarah dan Twibbon Hari Artileri Nasional Tahun 2023"

Comment Author Avatar
peringatan momen Artileri ini memang perlu digaungkan agar membakar semangat sekaligus mengingat bagaimana jasa para pahlawan kita ya. Siip nih bisa langsung dipakai twibbon-nya, sudah tersedia tutorialnya juga
Comment Author Avatar
Peringatan momen Artileri ini emang penting buat mengenang perjuangan para pahlawan kita. Semoga dengan menggaungkan momen ini, kita makin termotivasi buat selalu menghargai dan meneruskan perjuangan mereka.