Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

Tips Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh Ketika Latihan Pramuka
Pict From Instagram - @atehend

KakaKiky - Serajin apapun kita latihan Pramuka kadangkala pasti ada saat-saatnya kita bosan dan merasa penat dengan latihan tersebut, begitu pula yang iky rasakan ketika latihan Pramuka. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan Pramuka itu sendiri, namun yang salah adalah suasana dari latihan Pramuka dan pembawaan materi dari kakak-kakak yang itu-itu saja sehingga masih kurang bisa memancing semangat dari para adik-adik dan anggota Pramuka yang sedang latihan.

Kebosanan dan kepenatan dalam latihan pramuka ini sebaiknya harus ditanggapi dengan serius, karena kalau tidak bisa mengakibatkan anggota pramuka bisa malas untuk datang latihan dan bahkan kasus terburuk bisa mengakibatkan ia keluar dari organisasi Pramuka. Tentu saja hal tersebut sama sekali tidak kita inginkan kan sobat?

Nah, untuk mengatasi kebosanan dan kepenatan dalam mengikuti latihan Pramuka, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini yang sudah iky siapkan. Langsung saja yuk dibaca tips-tips nya.
1.     Ciptakanlah suasana yang riang gembira, penuh semangat, serta tidak melupakan sikap disiplin ketika latihan sedang berlangsung
2.     Sertakan dan juga libatkanlah adik-adik didik secara langsung pada sesi latihan. Misalkan seperti dengan sesi berdiskusi ataupun tanya jawab. Berikan contoh kasus yang sederhana yang menyenangkan misalkan seperti memposisikan diri mereka sebagai seorang pemimpin dan mengelola berlangsungnya acara latihan.
3.     Budayakan berdiskusi, mengemukakan pedapat, serta memberikan kritik dan saran. Hal ini juga bertujuan untuk mendorong anak-anak Pramuka tampil lebih berani dan percaya diri, serta berpikir kritisnya lebih terasah dan inisiatif serta kreativitasnya bisa meningkat.
4.     Acara latihan juga harus dikondisikan dengan sebaik mungkin dan selalu dilakukan dengan tepat waktu. Hal tersebut juga untuk melatih kedisiplinan anak-anak serta memupuk rasa tanggung jawab. Hindarilah adanya jeda ataupun waktu kosong yang dapat mengakibatkan anak menjadi bosan dan juga malas mengikuti latihan Pramuka.
5.     Sediakanlah waktu untuk beristirahat pada setiap pergantian materi latihan yang diberikan kepada tiap regu. Di dalam waktu istirahat pun sebenarnya bisa dilakukan dengan hal-hal positif, misalkan seperti memakan bekal bersama-sama dan juga saling berbagi bekal. Hal ini bisa memabangkitkan semangat kebersamaan dan saling berbagi.
6.     Pastikan betul jika kakak pembina itu harus menguasai materi yang ingin disampaikan kepada anak-anak didik melalui bahasa yang mudah dipahami dan pembawaan suasana yang riang gembira serta bisa menginspirasi.
7.     Latihan Pramuka yang riang gembira itu tadi harus tetap dilakukan secara dinamis dengan tetap berpedoman pada anggaran dasar serta anggaran rumah tangga Pramuka.
8.     Jika kondisi dan suasana latihan mulai terlihat jenuh dan membosankan, cobalah untuk menyelinginya dengan beberapa permainan. Contohnya seperti memberikan ice breaking yang berkaitan dengan kegiatan kepramukaan.
9.     Terapkan porsi “Sedikit Teori, banyak praktek”. Hal ini akan membuat anggota Pramuka untuk saling bekerja sama dalam bekerja dan meminimalisir timbulnya rasa jenuh dan bosan karena materi yang disampaikan terlalu banyak.
10.  Pembina serta kakak dewan satuan dapat memberikan simulasi terkait dengan materi yang telah dibawakan. Dengan adanya simulasi tersebut, maka anak-anak akan dengan lebih mudah memahami materi yang dibawakan sekaligus terlibat secara langsung dengan praktek kegiatannya.
11.  Pembina dapat pula memberikan inspirasi berupa storytelling (bercerita) kepada anak-anak dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dipahami serta berhubungan dengan materi latihan.
12.  Memberikan motivasi serta bimbingan untuk membakar semangat Gerakan Pramuka kepada setiap anak-anak Pramuka.
13.  Jika salah satu peserta latihan Pramuka melakukan kesalahan, cobalah untuk memberikan peringatan secara halus dan bersifat personal. Memarahinya serta menegurnya dihadapan kelompok atau regunya bukanlah cara yang baik.
14.  Eksplorasi dan gunakan media yang kreatif untuk memaparkan gagasan atau ide. Dapat dengan menggunakan papan gambar, kertas manila warna warni, lembar kertas tempel (post it), atau denah-denah gambar yang secara visual sedap untuk dipandang serta tidak membosankan
15.  Gunakanlah media digital dalam menyampaikan materi, misal dengan memutar lagu yang berkaitan dengan Pramuka untuk membangkitkan semangat, ataupun dengan menonton video materi dan animasi Pramuka bersama-sama sehingga materi Pramuka itu jadi lebih menyenangkan dan terhindar dari rasa bosan.

Nah sobat, itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh dalam mengikuti latihan Pramuka. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua anak-anak Pramuka. Jangan lupa untuk share artikel ini agar anak Pramuka lainnya juga bisa tambah semangat latihannya serta terhindar dari kejenuhan dan rasa bosan saat latihan Pramuka. Cukup sampai disini dulu artikel kali ini. Salam Pramuka and Be Prepared.

Sumber Materi Pramuka di atas diambil dari website www.pramukaupdate.id

Leave A Reply

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)