Review Wisata Pulau pramuka dan sejarahnya (Pramuka Island)

Review Pulau Pramuka yang berlokasi di Kepulauan Seribu - KakaKiky

KakaKiky -
Hai Sobat Pramuka! Di postingan artikel kali ini, iky akan membahas tentang sebuah pulau yang sangat indah dan harus kamu jadikan salah satu tempat yang patut untuk kamu kunjungi, apalagi kalau kamu merupakan seorang anggota Pramuka. Pulau indah ini bernama Pulau Pramuka atau biasa juga disebut sebagai Pramuka Island. Ingin tahu lebih lanjut tentang Pulau Pramuka? Yuk simak Review Pulau Pramuka di bawah ini.


Pulau Pramuka
Pulau Pramuka atau disebut juga Pramuka Island adalah salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan juga pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk juga ke dalam Kelurahan Pulau Panggang.




Dengan jumlah penduduk sekitar 2000 ribu jiwa, masyarakat yang mendiami pulau Pramuka ini sebagian besar adalah dari suku Betawi, Bugis, Banten, Madura, dan Minangkabau. Hampir 99,8% penduduk di Pulau Pramuka beragama Islam dan sisanya 0,2% beragama katolik dan lain sebagainya.

Sejarah Pulau Pramuka (Pramuka Island)
Dahulu pada masa orde lama pulau ini bukan bernama Pulau Pramuka akan tetapi bernama Pulau Lang atau Pulau Elang, karena banyaknya burung Elang Bondol yang mendiami pulau tersebut. Burung Elang ini juga dikenal sebagai lambang Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI). Namun seiring adanya pembangunan rumah penduduk di pulau itu, burung-burung elang tersebut menjadi hilang.


Asal-usul Pulau Pramuka didapatkan karena dulunya ada kegiatan Kepramukaan yang diadakan di pulau ini. Dulu sebelum adanya Bumi Perkemahan Cibubur di Jakarta, pihak Organisasi Pramuka mengirim anggota-anggotanya untuk berlatih di pulau Elang ini. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1950-an sampai 1970-an. Oleh karena adanya peristiwa itu, pulau yang dulunya bernama Lang/Elang menjadi Pulau Pramuka.

Transportasi
Pulau Pramuka ini dapat kamu capai dengan melakukan perjalanan laut menggunakan kapal atau perahu motor tradisional dari pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Kelurahan Kapuk Muara. Kamu juga bisa menggunakan speadboat (perahu cepat) dari dermaga kapal Marina Ancol di kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Jika kamu ingin melakukan perjalan ke pulau-pulau lainnya kamu bisa menyewa ojek perahu yang ada.

Wisata Pulau Pramuka
Pantainya yang berpasir putih dan memiliki ombak yang tenang membuat Pulau Pramuka ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai salah satu destinasi wisata impian. Banyak traveler dan juga backpaker yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahan alamnya.



Di Pulau Pramuka ini juga ada ekowisata serta wisata edukasi yang berupa area konservasi mangrove yang ada di bagian belakang pulau, tempat penangkaran ikan hiu serta tempat penangkaran penyu sisik. Adanya tempat penangkaran penyu sisik dan juga ikan hiu membuat Pulau Pramuka ini menjadi lebih memiliki daya tarik tersendiri. Tidak hanya mendapatkan keindahan alam namun kita juga mendapatkan edukasi untuk melindungi hewan langka yang dilindungi.

Penangkaran Penyu di Pulau Pramuka

Di wisata Pulau Pramuka , kamu juga dapat menikmati kegembiraan bersama keluarga, sahabat, bahkan sesama sobat pramukamu untuk bermain permainan wahana air dan juga watersport seperti kano, banana boat, dan donat boat. Kamu juga bisa menyantap berbagai kuliner khas di atas sebuah warung yang terapung

Aktifitas Menarik Di Pulau Pramuka
Banyak sekali aktifitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke Pulau Pramuka. Salah satunya adalah dengan menikmati keindahan Sunrise (matahari terbit) dan juga sunset (matahari tenggelam) di sekitaran Pantai Pulau Pramuka.


Keindahan yang begitu mengagumkan mampu menciptakan suasana yang sangat romantis, apalagi bagi kamu yang datang ketempat ini bersama dengan pujaan hati.

Penginapan Wisata Pulau Pramuka
Banyak sekali tempat penginapan di wisata Pulau Pramuka yang bisa kamu singgahi. Misalkan seperti Penginapan dela, homestay dolphin, homestay dua putri, homestay harida, homestay indah, homestay ibrahim, homestay kedaton, penginapan mega, penginapan wisma shafir, penginapan villa delima, dan masih banyak lagi penginapan yang ada.

Nah sobat, itulah review singkat wisata pulau Pramuka dan sejarah lahirnya pulau pramuka. Buat kamu yang anak Pramuka wajib banget nih untuk mencoba berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Selain menikmati keindahan kamu juga bisa menambah wawasan dengan wisata edukasi. Cukup sekian postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Wassalamu’alaikum and Be Prepared!