Laporan Praktikum Statistika Tentang Penyajian Data - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

1/19/2020

Laporan Praktikum Statistika Tentang Penyajian Data

Laporan Statistika - Penyajian Data
KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kakakiky akan membahas tentang Laporan Praktikum Statistika dengan judul ‘Penyajian Data’. Berikut ini adalah bagian pembahasan, data hasil pengamatan dan interpretasi dari laporan Penyajian Data yang bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

PENYAJIAN DATA

1) Moore Travel Agency, agen perjalanan berskala nasional, menawarkan tarif khusus pelayaran ke Karibia bagi para warga negara berusia lanjut. Presiden Moore Travel ingin informasi tambahan mengenai usia orang–orang yang mengikuti pelayaran. Sebuah sampel acak berukuran 40 diambil dari mereka yang mengikuti pelayaran tahun lalu, yang usianya seperti berikut ini.

77, 18, 63, 84, 38, 54, 50, 59, 54, 56, 36, 26, 50, 34, 44, 41, 58, 58, 53, 51, 62, 43, 52, 53, 63, 62, 62, 65, 61, 52, 60, 60, 45, 66, 83, 71, 63, 58, 61, 71.

Gambarkan hasil penyajian data dalam bentuk boxplot, histogram dan stem and leaf serta interpretasikan hasilnya. Tentukan median dan modus dari data tersebut. Apakah terdapat outliers pada data? Jelaskan!

2) Suatu survei mengenai banyaknya telepon yang diterima sampel pelanggan Southern Phone Company pada minggu lalu, disajikan berikut ini.

113 56 41 39 30 28 48 18 50
33 41 33 41 39 47 41

Buatlah boxplot, histogram, dan stem and leaf dari data tersebut serta interpretasikan hasilnya.

Penyelesaian Soal:
1)    a. Boxplot
Boxplot usia orang yang mengikuti pelayaran tahun lalu
Interpretasi:
Berdasarkan gambar yang terdapat diatas dapat kita simpulkan bahwasannya boxplot tersebut menunjukkan data yang tidak simetris, karena mediannya yang tidak terletak di tengah kotak dan panjang whiskernya juga tidak sama.

Pada bagian dalam box terdapat garis tengah yang menunjukkan letak median dari data. Nilai mediannya adalah 58. Nilai max ditunjukkan oleh ujung garis yang paling kanan, sedangkan nilain min ditunjukkan oleh ujung garis yang paling kiri.

Adapun batas paling kiri box menunjukkan Q1 dengan nilai 52, dan batas paling kanan dari box menunjukkan Q3 dengan nilai 63. Garis perpanjangan dari Q1 ke nilai min dan Q3 ke nilai max disebut dengan whisker. Boxplot diatas menggambarkan adanya data yang outlier, karena data jauh dari data yang kebanyakan.

b. Histogram
Histogram usia orang yang mengikuti pelayaran tahun lalu
Interpretasi:
Dari gambar histogram frekuensi di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa kurva frekuensinya miring ke kiri. Jika dibandingkan dengan nilai modus dan nilai mediannya maka nilai meannya adalah yang paling kecil. Dari histogram tersebut juga diketahui bahwa data tidak berdistribusi normal karena histogram tersebut miring ke arah kiri.

c. Steam and Leaf


Interpretasi:
Diagram steam and leaf di atas menunjukkan bahwa data menyebar dari 18 sampai dengan 84 dengan adanya outlier yaitu: 18, 26, 83 dan 84. Diagram tersebut juga menunjukkan bahwa data usia yang mengikuti pelayaran tahun lalu terdapat modus yang lebih dari satu dan disebut multimodus, yaitu 58,00; 62,00 dan 63,00 dengan kemunculannya sebanyak dua kali.

Nilai median dari data tersebut adalah 58,00. Nilai meannya lebih kecil daripada nilai median dan juga nilai modusnya karena kurva frekuensinya miring ke kiri.


·         Median     = 58,00
·         Modus      = 58,00; 62,00 dan 63,00

Berdasarkan data tersebut diketahui terdapat 4 data outlier yaitu 18,00 dan 26,00 yang dibawah data 26 dan 83,00 dan 84,00 yang dibawah data 83.

2)    a. Boxplot
Boxplot sampel pelanggan Southern Phone Company pada minggu lalu
Interpretasi :
Boxplot di atas mengindikasikan data yang tidak simetris karena mediannya tidak terletak pada posisi tengah kotak dan panjang whiskernya juga tidak sama. Garis tengah yang terdapat di bagian dalam box menunjukkan letak median dari data, dan nilai mediannya adalah 41.

Nilai max ditunjukkan oleh ujung garis yang paling kanan sedangkan nilai min ditunjukkan oleh ujung garis yang paling kiri. Batas paling kiri box menunjukkan Q1 dengan nilai 33, dan batas paling kanan dari box menunjukkan Q3 dengan nilai 47,5.

Garis perpanjangan dari Q1 ke nilai min dan Q3 ke nilai max disebut whisker.  Boxplot tersebut menunjukkan bahwa adanya data yang outlier dikarenakan data jauh dari data yang kebanyakan.

b. Histogram
Histogram sampel pelanggan Southern Phone Company pada minggu lalu
Interpretasi :
Berdasarkan  gambar histogram frekuensi diatas  dapat disimpulkan bahwa kurva frekuensinya miring ke kanan dimana nilai meannya lebih besar dibandingkan dengan nilai modus dan juga nilai mediannya. Diketahui pula bahwa data tidak berdistribusi normal dikarenakan histogramnya miring ke kanan.

c. Steam and Leaf
Interpretasi :
Berdasarkan diagram steam and leaf di atas dapat disimpulkan bahwa data menyebar mulai dari 18 hingga 113 serta terdapat outlier yaitu 113. Data sampel pelanggan Southern Phone Company pada minggu lalu terdapat nilai modus yaitu 41 yang keluar sebanyak 4 kali.

Nilai median dari data diatas ialah 41. Dibandingkan dengan nilai median dan nilai modusnya, nilai mean adalah nilai yang lebih besar, oleh karena itu kurva frekuensinya miring ke kanan.


·         Median     = 41,00
·         Modus      = 41,00

Berdasarkan data tersebut diketahui terdapat 1 data outlier yakni 113.

Itulah Pembahasan laporan Statistika tentang Penyajian Data, semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai contoh bagi sobat semua yang sedang berjuang membuat laporan. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done