Pengertian Data: Definisi, Fungsi, Tingkatan Data, dan Jenis-Jenis Data - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

Selasa, 25 Februari 2020

Pengertian Data: Definisi, Fungsi, Tingkatan Data, dan Jenis-Jenis Data

pengertian data definisi data fungsi data tingkatan data dan jenis data
Materi lengkap tentang data
KakaKiky - Dalam kehidupannya, manusia tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya data. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia bisa menjadi sebuah data. Data-data itu ada yang penting dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk menunjang kehidupan manusia itu sendiri, dan ada pula data-data yang tidak bermanfaat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian data, Pengertian data menurut para ahli, tingkatan data, serta jenis-jenis data. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Data

Apa yang dimaksud dengan data? Pengertian data adalah sesuatu yang belum memiliki arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya pengolahan. Data bisa saja berwujud suatu keadaan, gambar, suaru, huruf, angka, bahasa, atau simbol-simbol yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat objek, lingkungan, kejadian atau suatu konsep.

Data berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari Datum yang memiliki arti ‘sesuatu yang diberikan’. Dalam keilmuan ilmiah, fakta yang dikumpulkan akan menjadi sebuah data, kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga orang lain yang tidak mengalaminya langsung, dapat mengerti akan hal tersebut.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian data secara umum seperti yang disebutkan di atas, sekarang saatnya kita mencari tahu, apa pengertian data menurut para ahli? Berikut ulasan selengkapnya:

1.    Menurut Zulkifli A. M.,
Data adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.

2.    Menurut Nuzulla Agustina
Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

3.    Menurut Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin
Data adalah bahan baku dalam sebuah informasi, atau kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda, dan sebagainya.

4.    Menurut Arikunto Suharsimi
Data merupakan segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.

5.    Menurut Lia Kuswayatno
Data adalah kumpulan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.

6.    Menurut Kristanto
Data adalah suatu fakta mentah mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian.

7.    Menurut Kuswadi dan E. Mutiara
Data adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh dari suatu pengamatan yang dapat berupa angka, lambang, atau sifat.

8.    Menurut Haer Talib
Data adalah sekumpulan fakta dan sebuah fakta tak lain adalah sebuah kenyataan atau kejadian.

9.    Menurut Anhar
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

10. Menurut H.J. Sriyanto
Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

Fungsi Data

Apa saja fungsi dari data? Walaupun data lebih sering didengar di bidang teknologi, namun sejatinya data itu ada di seluruh aspek kehidupan manusia, serta memiliki berbagai macam fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi dari data:

  1. Menjadi bahan untuk membuat keputusan yang terbaik dalam memecahkan sebuah permasalahan.
  2. Data dapat dijadikan sebagai dasar sebuah perencanaan atau penilitian.
  3. Data sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan dan aktivitas sehari-hari.
  4. Data juga bisa digunakan untuk bahan evaluasi.

Penggolongan Tingkatan Data

Data juga memiliki tingkatan penggolongannya sendiri. Tingkatan data dimulai dari Data, Informasi, Knowledge, Policy, dan Wisdom. Berikut adalah pengertian dari setiap tingkatan data yang ada.

1.    Pengertian Data

Untuk pengertian data sudah dijelaskan di atas, silahkan scroll ke atas untuk membacanya.

2.    Pengertian Informasi

Apa itu Informasi? Secara umum, yang dimaksud dengan informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu hal yang mudah dan dapat dimengerti serta bermanfaat bagi penerimanya.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat kita bedakan antara data dan informasi. Kalau data masih berupa fakta mentah yang belum diproses dan belum dapat dimengerti oleh penerima, sedangkan informasi merupakan fakta yang sudah diproses dan dikelola sehingga dapat dimengerti penerima.

3.    Pengertian Knowledge (Pengetahuan)

Yang dimaksud dengan pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman-pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat pada benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap segala sesuatu sebagai hasil dari pengenalan atas suatu pola.

Bila informasi dan data hanya sekadar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, maka si pengetahuanlah yang berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Inilah yang kita sebut sebagai potensi untuk menindaki.

4.    Pengertian Policy (Kebijakan)

Apa pengertian dari kebijakan? Secara umum, Kebijakan adalah suatu aturan atau konsep yang menjadi pedoman yang mengatur kehidupan bersama yang harus ditaati dan berlaku mengikat untuk seluruh orang yang ada di dalamnya. Setiap pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi sesuai dengan bobot pelanggaran yang dilakukan.

Kebijakan juga dapat diartikan sebagai rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman serta dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara untuk bertindak.

5.    Pengertian Wisdom (Kebijaksanaan)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan kebijaksanaan (wisdom) adalah kepandaian seseorang dalam menggunakan akal budinya baik dari segi pengalaman dan pengetahuan, serta kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan.

Jenis-Jenis Data

Data juga memiliki berbagai macam jenis ditinjau dari  sumbernya, sifatnya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya. Berikut penjelasan selengkapnya:

1.    Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

  • Data Internal, yaitu data yang didapat dari internal suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: informasi jumlah pegawai, jumlah modal, jumlah produksi, dan sebagainya.
  • Data Eksternal, yaitu data yang diperoleh dari luar organisasi yang menggambarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi tersebut. Contohnya: informasi daya beli masyarakat yang mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

2.    Jenis Data berdasarkan sifatnya

  • Data Kuantitatif, yaitu data yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Contohnya: harga sebuah produk, pendapatan, dan sebagainya.
  • Data Kualitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk verbal, simbol, atau gambar. Contoh: tingkat kebersihan suatu daerah dengan daerah lainnya.

3.    Jenis Data berdasarkan cara memperolehnya

  • Data Primer, yaitu data asli atau data baru yang dikumpulkan langsung oleh orang yang melakukan penelitian. Contoh: jurnal, skripsi, dan sebagainya
  • Data Sekunder, yaitu data yang tersedia yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang sudah ada sebelumnya. Contoh: Penelitian-penelitian terdahulu.

4.    Jenis Data berdasarkan waktu pengumpulannya

  • Data Cross Section, yaitu data yang dikumpulkan hanya pada waktu-waktu tertentu saja untuk mengetahui keadaan pada waktu tersebut. Contoh: data kuisioner.
  • Data berkala, yaitu data yang dikumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian di periode tertentu. Contoh: data harga pangan.
Nah sobat, itulah penjelasan terlengkap tentang data, mulai dari pengertian data, pengertian data menurut para ahli, tingkatan data, sampai jenis-jenis data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membaca, dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian tentang data. Cukup sekian wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

32 komentar

  1. Makasih cuy, pengertian tentang data nya lengkap kali, mantap kali wak 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha sama-sama ad, makasih juga sudah berkunjung

      Hapus
  2. Database itu masuk jenis yg mana huu??

    BalasHapus
  3. Pengertian tentang datanya lengkap sekali, ditambah lagi ada juga penjelasan data menurut para ahli. Terima kasih kak admin (k)

    BalasHapus
  4. Ternyata jenis-jenis data itu terbagi banyak juga yaaa :O

    BalasHapus
  5. Berasa kayak kuliah lagi nih. Ngomongin data, ingat dulu pernah ikutan proye survey yang honornya lumayan banget. Semua harus berdasar data, itu benar banget biar ngomong ga asal apalagi berhubungan ma kepentingan banyak misalnya. Kudu paham pengertian dan macam-macam data kayak gini.

    BalasHapus
  6. Pengertiannya lengkap banget nih, bisa jadi rujukan dan bahan referensi untuk anak sekolah atau kuliah yang sering kali mencari berbagai pengertian kata. Lanjutkan, kak, materi-materi begini masih sering dibutuhkan soalnya

    BalasHapus
  7. Weleh bnyk bngt ya pengertian data itu. Setahu saya itu data sebatas informasi awal untuk kemudian di tindak lanjuti

    BalasHapus
  8. AKu inget banget belajar data ini waktu dulu buat skripsi ama tesis. duhhh memang perlu dipahami banget karena sudah pasti ditanyakan.
    Kita mesti paham banget kalau ngga bisa gawat saat ditanya waktu ujian akhir hehehe

    BalasHapus
  9. Pengertian data jadi lengkap dan sebagai panduan untuk mengerti berbagai macam jenis data dilihat dari berbagai sudut pandang.

    BalasHapus
  10. Lengkap banget ini mas, kita hampir tiap hari suka pake kata data tapi belum tentu paham arti dan lain-lainnya ya.

    BalasHapus
  11. Jadi berasa masa kuliah belajar tentang sistem informasi wkwkwk.... belajar banyak definisi yang bikin bingung untuk apa..Tapi sekarang malah jadi paham deh..hehehe..

    BalasHapus
  12. Aku jadi inget pelajaran teknik informasi saat sekolah dulu mas.
    Rangkuman ya beneran lengkap dehh, ke bawah bawah tentang data,
    Soalnya dulu sering dapat pr buat nyari istilah Salahsatunya macam data dan dipresentasikan di kelas hehehehee.
    Btw TFS ya mas

    BalasHapus
  13. untuk yang mau buat skripsi enak nih literasinya sudah lengkap ada di sini, tak perlu repot lagi buka buku ini itu

    BalasHapus
  14. Membaca artikel ini menyegarkan kembali tentang data, penjelasan, jenis, pengertian dan contohnya. Pastinya tulisan ini juga bermanfaat bagi yang lainnya, sehingga tidak ada lagi yang ngaku berdasarkan fakta tapi tanpa data.

    BalasHapus
  15. Berasa jadi anak sekolahan abis baca artikel ini. Ternyata, penjabaran data lumayan banyak dan panjang. Berguna banget bagi mereka yang sedang mencari rujukan tentang data.

    BalasHapus
  16. Wah rasanya kayak menerima materi kuliah dari dosen beberapa tahun lalu. Bagus banget utk referensi bagi anak2 kuliah yg kesulitan mengakses perpustakaan

    BalasHapus
  17. Kalau zaman sekarang data itu bisa berarti dan bermakna uang. Jelas banget. Kadang pihak Bank menjual data nasabah ke pihak asuransi sehingga asuransi mempunyai nomor telepon dan menghubungi nasabah atas nama bank tersebut. Data juga dibutuhkan pihak pengiklan untuk memperoleh audiens yang tertarget. Maka pihak pengiklanpun membutuhkan data yang tepat agar iklannya tepat sasaran. Dan google melakukan dengan baik cara ini.

    BalasHapus
  18. Nambah ilmu lagi nih. Baca mengenai data dan penjelasannya jadi ingat kuliah riset beberapa tahun lalu, juga ada pelajaran mengenai materi ini soalnya.

    BalasHapus
  19. Asyik jadi bs lebih paham nih apalagi bagi yg sedang penelitian atau menyusun skripsi. Berasa lg kuliah lagi :D

    BalasHapus
  20. Mantabs nih buat yang sedang nyari penjelasan tentang data, buat yang kuliah dan ingin nambah ilmu. Thanks sharingnya

    BalasHapus
  21. Penjelasan yang lengkap tentang data. Jika data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti, bagaiamana ya cara mengolahnya menjadi sesuatu yang berarti?

    BalasHapus
  22. Wahhh komprehensif juga yaaa. Btw lebih bagus kalo mencantumkan sumber atau credit penggolongan itu dari ahli siapa namanya.

    BalasHapus
  23. Wahh penjelasannya sangat lengkap.
    Bisa jadi referensiku sangat mengajar di kelas ni..
    Kebetulan aku ngajar sosiologi. Dimana ada bab penelitian yg bhs soal data ini
    Thx ya kak

    BalasHapus
  24. Lengkap penjelasaannya kak...secara data diperlukan juga dalam menulis ..baik itu fiksi maupun non fiksi.. TFS kak

    BalasHapus
  25. Selama ini mikirnya, data ya data aja nggak tahunya definisi data aja udah beragam, Jenis-jenisnya juga gak kalah banyak. Ternyata sesuatu yang kayaknya simple aja ya gak simple-simple amat, hehehe. Anak sekolah atau kuliahan perlu tahu banget nih, artikel kayak gini.

    BalasHapus
  26. Aku lumayan senang baca data. Dulu waktu kuliah suka statistik. Sekarang jg suka lihat data di balik sesuatu. Istilah2 di atas memang sgt penting utk belajar ttf data.

    BalasHapus
  27. bermanfaat nih mas tulisannya, apalagi buat yang lagi ngerjain skripsi. sekarang kan skripsi pengerjaannya full online ga lagi ngejar-ngejar dosen karena corona XD

    BalasHapus
  28. DAta jadi bahan penting untuk membuat tulisan ataupun konten video. MAKANya sebisa mungkin cari data yang valid dan aktual ya

    BalasHapus
  29. Selama ini aq pkir data hanya berlaku di dunia teknologi khususnya internet, ternyata segala hal yg sdh kt lakukan yah.

    Btw belakangan ini ad app vcall yg katanya data kt gk aman.

    BalasHapus
  30. Mengenai data ya yg aku mengerti seputar hasil dari yg kita simpan berupa tulisan gambar dan juga video

    BalasHapus
  31. Selama ini cuma sering menggunakan kata data dan berbagai tingkatannya tanpa memahami banget posisi penggunaan kata ini ya.

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Wassalamu'alaikum and Be Prepared!
Done