Pengertian Data: Definisi, Fungsi, Tingkatan Data, dan Jenis-Jenis Data - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

2/25/2020

Pengertian Data: Definisi, Fungsi, Tingkatan Data, dan Jenis-Jenis Data

pengertian data definisi data fungsi data tingkatan data dan jenis data
Materi lengkap tentang data
KakaKiky - Dalam kehidupannya, manusia tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya data. Setiap hal yang dilakukan oleh manusia bisa menjadi sebuah data. Data-data itu ada yang penting dan bisa dijadikan sebagai bahan untuk menunjang kehidupan manusia itu sendiri, dan ada pula data-data yang tidak bermanfaat.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian data, Pengertian data menurut para ahli, tingkatan data, serta jenis-jenis data. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Data

Apa yang dimaksud dengan data? Pengertian data adalah sesuatu yang belum memiliki arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya pengolahan. Data bisa saja berwujud suatu keadaan, gambar, suaru, huruf, angka, bahasa, atau simbol-simbol yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat objek, lingkungan, kejadian atau suatu konsep.

Data berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari Datum yang memiliki arti ‘sesuatu yang diberikan’. Dalam keilmuan ilmiah, fakta yang dikumpulkan akan menjadi sebuah data, kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga orang lain yang tidak mengalaminya langsung, dapat mengerti akan hal tersebut.

Pengertian Data Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian data secara umum seperti yang disebutkan di atas, sekarang saatnya kita mencari tahu, apa pengertian data menurut para ahli? Berikut ulasan selengkapnya:

1.    Menurut Zulkifli A. M.,
Data adalah keterangan atau bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.

2.    Menurut Nuzulla Agustina
Data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.

3.    Menurut Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin
Data adalah bahan baku dalam sebuah informasi, atau kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda, dan sebagainya.

4.    Menurut Arikunto Suharsimi
Data merupakan segala fakta dan angka yang dapat dijadikan bahan untuk menyusun suatu informasi, sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data yang dipakai untuk suatu keperluan.

5.    Menurut Lia Kuswayatno
Data adalah kumpulan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.

6.    Menurut Kristanto
Data adalah suatu fakta mentah mengenai objek yang dapat mengurangi derajat ketidakpastian tentang suatu keadaan dan kejadian.

7.    Menurut Kuswadi dan E. Mutiara
Data adalah sekumpulan keterangan yang diperoleh dari suatu pengamatan yang dapat berupa angka, lambang, atau sifat.

8.    Menurut Haer Talib
Data adalah sekumpulan fakta dan sebuah fakta tak lain adalah sebuah kenyataan atau kejadian.

9.    Menurut Anhar
Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.

10. Menurut H.J. Sriyanto
Data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

Fungsi Data

Apa saja fungsi dari data? Walaupun data lebih sering didengar di bidang teknologi, namun sejatinya data itu ada di seluruh aspek kehidupan manusia, serta memiliki berbagai macam fungsi. Berikut adalah fungsi-fungsi dari data:

  1. Menjadi bahan untuk membuat keputusan yang terbaik dalam memecahkan sebuah permasalahan.
  2. Data dapat dijadikan sebagai dasar sebuah perencanaan atau penilitian.
  3. Data sebagai acuan dalam setiap implementasi suatu kegiatan dan aktivitas sehari-hari.
  4. Data juga bisa digunakan untuk bahan evaluasi.

Penggolongan Tingkatan Data

Data juga memiliki tingkatan penggolongannya sendiri. Tingkatan data dimulai dari Data, Informasi, Knowledge, Policy, dan Wisdom. Berikut adalah pengertian dari setiap tingkatan data yang ada.

1.    Pengertian Data

Untuk pengertian data sudah dijelaskan di atas, silahkan scroll ke atas untuk membacanya.

2.    Pengertian Informasi

Apa itu Informasi? Secara umum, yang dimaksud dengan informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan dikelola sedemikian rupa sehingga menjadi sesuatu hal yang mudah dan dapat dimengerti serta bermanfaat bagi penerimanya.

Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat kita bedakan antara data dan informasi. Kalau data masih berupa fakta mentah yang belum diproses dan belum dapat dimengerti oleh penerima, sedangkan informasi merupakan fakta yang sudah diproses dan dikelola sehingga dapat dimengerti penerima.

3.    Pengertian Knowledge (Pengetahuan)

Yang dimaksud dengan pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman-pemahaman dan potensi untuk menindaki, yang lantas melekat pada benak seseorang. Pada umumnya, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap segala sesuatu sebagai hasil dari pengenalan atas suatu pola.

Bila informasi dan data hanya sekadar berkemampuan untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, maka si pengetahuanlah yang berkemampuan untuk mengarahkan tindakan. Inilah yang kita sebut sebagai potensi untuk menindaki.

4.    Pengertian Policy (Kebijakan)

Apa pengertian dari kebijakan? Secara umum, Kebijakan adalah suatu aturan atau konsep yang menjadi pedoman yang mengatur kehidupan bersama yang harus ditaati dan berlaku mengikat untuk seluruh orang yang ada di dalamnya. Setiap pelanggaran yang dilakukan akan diberikan sanksi sesuai dengan bobot pelanggaran yang dilakukan.

Kebijakan juga dapat diartikan sebagai rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman serta dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara untuk bertindak.

5.    Pengertian Wisdom (Kebijaksanaan)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan kebijaksanaan (wisdom) adalah kepandaian seseorang dalam menggunakan akal budinya baik dari segi pengalaman dan pengetahuan, serta kecakapan bertindak apabila menghadapi kesulitan.

Jenis-Jenis Data

Data juga memiliki berbagai macam jenis ditinjau dari  sumbernya, sifatnya, cara memperolehnya, dan waktu pengumpulannya. Berikut penjelasan selengkapnya:

1.    Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

  • Data Internal, yaitu data yang didapat dari internal suatu organisasi yang menggambarkan keadaan organisasi tersebut. Contohnya: informasi jumlah pegawai, jumlah modal, jumlah produksi, dan sebagainya.
  • Data Eksternal, yaitu data yang diperoleh dari luar organisasi yang menggambarkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja organisasi tersebut. Contohnya: informasi daya beli masyarakat yang mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

2.    Jenis Data berdasarkan sifatnya

  • Data Kuantitatif, yaitu data yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Contohnya: harga sebuah produk, pendapatan, dan sebagainya.
  • Data Kualitatif, yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk verbal, simbol, atau gambar. Contoh: tingkat kebersihan suatu daerah dengan daerah lainnya.

3.    Jenis Data berdasarkan cara memperolehnya

  • Data Primer, yaitu data asli atau data baru yang dikumpulkan langsung oleh orang yang melakukan penelitian. Contoh: jurnal, skripsi, dan sebagainya
  • Data Sekunder, yaitu data yang tersedia yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang sudah ada sebelumnya. Contoh: Penelitian-penelitian terdahulu.

4.    Jenis Data berdasarkan waktu pengumpulannya

  • Data Cross Section, yaitu data yang dikumpulkan hanya pada waktu-waktu tertentu saja untuk mengetahui keadaan pada waktu tersebut. Contoh: data kuisioner.
  • Data berkala, yaitu data yang dikumpulkan secara berkala dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian di periode tertentu. Contoh: data harga pangan.
Nah sobat, itulah penjelasan terlengkap tentang data, mulai dari pengertian data, pengertian data menurut para ahli, tingkatan data, sampai jenis-jenis data. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membaca, dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kalian tentang data. Cukup sekian wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Share with your friends

5 komentar

  1. Makasih cuy, pengertian tentang data nya lengkap kali, mantap kali wak 8-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahha sama-sama ad, makasih juga sudah berkunjung

      Hapus
  2. Database itu masuk jenis yg mana huu??

    BalasHapus
  3. Pengertian tentang datanya lengkap sekali, ditambah lagi ada juga penjelasan data menurut para ahli. Terima kasih kak admin (k)

    BalasHapus
  4. Ternyata jenis-jenis data itu terbagi banyak juga yaaa :O

    BalasHapus

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done