Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Praktikum Basis Data Tentang Transformasi ERD ke Basis Data Relasional

laporan praktikum basis data
Transformasi ERD ke Basis Data Relasional

KakaKiky - Pada kesempatan kali ini, kakakiky akan membahas tentang Laporan Praktikum Basis Data dengan judul Transformasi ERD ke Basis Data Relasional. Berikut ini adalah bagian pembahasan lengkap tentang bagaimana membuat Basis Data dari sebuah rumah sakit yang terdiri dari beberapa tabel dan juga atribut.

1. MEMBUAT DATABASE (BASIS DATA)

Untuk membuat sebuah Basis Data yang pertama sekali harus kita lakukan adalah membuat Databasenya yang nantinya database tersebut akan menjadi tempat dari berbagai tabel yang akan kita buat. Untuk membuat nama dari sebuah Database tidak boleh menggunakan spasi, untuk itu bisa digantikan dengan menggunakan underscore (_) Cara untuk membuat Basis Data atau Database dari Rumah Sakit adalah dengan menggunakan syntax > create database Rumah_Sakit; lalu tekan tombol enter.

Apabila setelah di enter muncul bacaan ‘Query OK’ maka Database dari Rumah_sakit telah berhasil dibuat. Untuk melihat Database tersebut kita bisa menggunakan syntax > show databases;

2. MENGGUNAKAN DATABASE YANG TELAH DIBUAT

Setelah Database berhasil dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menggunakan Database tersebut yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat berbagai tabel yang diperlukan. Syntax yang digunakan untuk menggunakan Database yang telah dibuat adalah > use Rumah_Sakit;

Apabila muncul bacaan Database changed, berarti Database kita sudah beralih ke Database Rumah_Sakit.

3. MEMBUAT TABEL PASIEN

Untuk membuat nama sebuah tabel sama halnya dengan membuat nama dari sebuah database, tidak boleh menggunakan spasi dan bisa digantikan dengan menggunakan underscore(_). Tabel pertama ini diberikan nama tabel Pasien. Untuk membuatnya dengan menggunakan syntax > create table Pasien( dan kemudian dilanjutkan dengan memasukkan beberapa atribut seperti yang ada pada gambar di bawah ini.

Bacaan ‘Query Ok’ menunjukkan bahwa tabel Pasien telah berhasil dibuat. Sebelum itu kita ketahui pula bahwa atribut no_rp merupakan atribut yang unik, oleh karena itu harus diberikan constraint PRIMARY KEY dengan cara menambahkan syntax > alter table Pasien add primary key (no_rp);

Query OK menunjukkan bahwa constraint Primary Key telah berhasil ditambahkan ke atribut no_rp.

Lalu untuk melihat struktur dari tabel Pasien yang telah kita buat, kita bisa menggunakan syntax > desc Pasien;

4. MEMBUAT TABEL PENDAFTARAN

Untuk membuat tabel pendaftaran adalah dengan cara menggunakan syntax > create table Pendaftaran( kemudian dilanjutkan dengan menambahkan beberapa atribut. Diketahui pula bahwa no_daftar adalah sebuah atribut yang unik jadi harus ditambahkan constraint Primary Key dengan syntax > alter table Pendaftaran add primary key (no_daftar); berikut gambarnya:

Untuk melihat struktur dari tabel Pendaftaran yang sudah kita buat, bisa dengan menggunakan syntax > desc Pendaftaran;

5. MEMBUAT RELASI TABEL PENDAFTARAN DAN PASIEN

Untuk membuat relasi antara tabel Pendaftaran dan tabel Pasien, langkah pertamanya adalah kita harus menambahkan ‘no_rp int(10)’ yang ada pada tabel Pasien terlebih dahulu ke dalam tabel pendaftaran dengan menggunakan syntax > alter table Pendaftaran add no_rp int(10);  kemudian dilanjutkan dengan menambahkan constraint Foreign Key dengan menggunakan syntax > alter table Pendaftaran add foreign key (no_rp) references Pasien (no_rp);

6. MEMBUAT TABEL POLIKLINIK

Dengan menggunakan syntax yang sama dengan sebelumnya untuk membuat sebuah tabel, berikut adalah tampak dari tabel Poliklinik lengkap dengan atribut dan syntax untuk menambahkan Primary Key pada atribut ‘kd_poli’.

7. MEMBUAT RELASI TABEL PENDAFTARAN + POLIKLINIK + PASIEN

Berikut adalah syntax yang digunakan untuk membuat relasi antara tabel Pendaftaran, tabel Poliklinik dan Tabel Pasien dengan cara menambahkan constraint Foreign Key. Berikut adalah gambarnya:

8. MEMBUAT TABEL DOKTER

Dengan menggunakan syntax yang sama dengan sebelumnya untuk membuat sebuah tabel, berikut adalah tampak dari tabel Dokter lengkap dengan atribut dan syntax untuk menambahkan Primary Key pada atribut ‘kd_dokter’.

9. MEMBUAT RELASI TABEL DOKTER DAN POLIKLINIK

Untuk membuat relasi antara tabel Dokter dan tabel Poliklinik, langkah-langkahnya adalah seperti yang ada pada gambar di bawah ini:

10. MEMBUAT TABEL PEMERIKSAAN

Untuk membuat tabel Pemeriksaan pertama kali kita menggunakan syntax > create table Pemeriksaan( kemudian dilanjutkan dengan mengisi atribut-atribut yang dimilikinya. Kemudian karena diketahui bahwa ‘no_daftar’ adalah foreign key dari tabel pendaftaran maka ditambahkan syntax > foreign key(no_daftar) references Pendaftaran (no_daftar)

Setelah itu digunakan syntax > desc Pemeriksaan untuk melihat struktur dari tabel Pemeriksaan.

11. MEMBUAT RELASI TABEL PEMERIKSAAN + PENDAFTARAN + DOKTER

Berikut adalah syntax yang digunakan untuk membuat relasi antara tabel Pendaftaran, tabel Poliklinik dan Tabel Pasien dengan cara menambahkan constraint Foreign Key. Berikut adalah gambarnya:

12. MEMBUAT TABEL RAWAT JALAN

13. MEMBUAT RELASI TABEL RAWAT JALAN + PEMERIKSAAN

14. MEMBUAT TABEL RAWAT INAP

15. MEMBUAT RELASI TABEL RAWAT INAP DAN PEMERIKSAAN

16. MEMBUAT TABEL KAMAR

17. MEMBUAT RELASI TABEL KAMAR DAN RAWAT INAP

Itulah Pembahasan laporan Basis Data tentang Transformasi ERD ke Basis Data Relasional, semoga dapat bermanfaat untuk dijadikan sebagai contoh bagi sobat semua yang sedang berjuang membuat laporan. Cukup sekian artikel kali ini, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Laporan Praktikum Basis Data Tentang Transformasi ERD ke Basis Data Relasional"

Berlangganan via Email