Aktivitas Pemicu Sakit Kepala Dan Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Ampuh

cara cegah sakit kepala
Aktivitas Pemicu Sakit Kepala

KakaKiky - Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya sakit kepala, namun lokasi sakit kepala yang dialami bisa berbeda-beda. Ada beberapa titik yang terasa sakit dan nyeri ketika kita terserang sakit kepala, diantaranya adalah bagian belakang yang sering kita sebut sebagai sakit kepala belakang.

Kiky yakin kamu yang sedang membaca postingan ini juga pernah atau sedang merasakan sakit kepala. Sakit kepala ini umum terjadi akibat dari berbagai jenis kemungkinan kondisi yang kamu alami, seperti kurang makan dan minum misalnya.

Tentunya sakit kepala ini akan membuat kita menjadi tidak nyaman karena kepala terasa berdenyut dan menyakitkan. Selain itu sakit kepala ini juga dapat membuat kita tidak fokus dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, pada kesempatan ini Kiky akan membagikan informasi tentang hal-hal yang harus kamu hindari agar tidak memicu terjadinya sakit kepala serta tips untuk mengobati rasa sakit kepala secara efektif.

Hal yang dapat memicu sakit kepala

Sakit kepala merupakan kondisi dimana kepala kita merasakan denyutan dan rasa sakit yang membuat kepala kita tidak nyaman. Sakit kepala juga umum terjadi dan biasanya tidak terlalu parah sehingga bisa diobati hanya dengan meminum air putih yang cukup dan dengan mengkonsumsi obat pereda sakit.

aktivitas pemicu sakit kepala
Hal yang menyebabkan sakit kepala

Agar tidak memicu terjadinya sakit kepala, kamu harus menghindari beberapa hal yang Kiky sebutkan di bawah ini:

  • Mengkonsumsi kafein secara berlebihan seperti kopi
  • Terlalu sering bergadang sehingga waktu untuk istirahat menjadi terganggu
  • Makan tidak teratur
  • Terlalu sering mengalami stres
  • Diet secara berlebihan
  • Kurang berolahraga
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan

Selain hal-hal yang Kiky sebutkan di atas, ada juga faktor-faktor lain yang bisa membuat kamu sakit kepala diantaranya adalah karena penyakit, lingkungan, dan juga genetika. Penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala seperti infeksi, pilek, dan demam. Menderita sinusitis, infeksi tenggorokan, dan infeksi telinga juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Jika kita melihat faktor genetika, penyakit migrain cenderung diturunkan dalam keluarga. Remaja dan anak-anak yang menderita sakit kepala 90% diantaranya pasti memiliki anggota keluarga yang juga mengalami migrain.

Tips mengobati rasa sakit kepala

Sakit kepala tentunya bisa disembuhkan dengan beberapa cara selama sakit kepala tersebut bukan gejala dari penyakit yang serius. Berikut adalah cara yang umum digunakan untuk mencegah dan meredakan rasa sakit kepala yang sangat mengganggu:

obat sakit kepala
Cara Mengobati Rasa Sakit Kepala

1. Mengkonsumsi obat sakit kepala

Umumnya cara yang paling ampuh digunakan untuk menghilangkan sakit kepala adalah mengkonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung paracetamol dan kafein. Kedua kombinasi ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri karena sakit kepala. Salah satu jenis obat yang bisa kamu coba adalah obat sakit kepala Saridon.

Saridon merupakan obat sakit kepala yang dapat meredakan rasa nyeri dan cenat-cenut secara cepat dan efektif. Saridon diformulasikan dengan Paracetamol, Propifenason, dan Kafein sehingga sangat cepat dalam meredakan sakit kepala. Obat ini sebaiknya kamu konsumsi setelah makan dan dengan air secukupnya. Takaran dosis untuk mengkonsumsi obat ini yaitu:

  • Anak-anak 6-12 tahun: ½ - 1 Tablet , 3-4 kali sehari
  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 Tablet, 3-4 kali sehari

Tentunya mengkonsumsi obat-obatan harus dengan takaran dan batasan wajar, kamu tetap harus bijak dalam mengkonsumsinya.

2. Tetap terhidrasi

Ketika mengalami dehidrasi, otak akan berkontraksi karena ia tidak memiliki cairan yang cukup dan dapat menyebabkan rasa nyeri. Oleha karena itu, kamu harus tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi minimal 6 gelas air per hari.

3. Hindari stres

Stres merupakan sumber dari segala penyakit! Oleh karena itu kamu harus menghindari stress, bisa dengan menjernihkan pikiran, olahraga, pijat, relaksasi, bertemu orang tercinta, dan sebagainya. Dengan menurunkan stres akan secara ampuh mengurangi rasa sakit karena kepala tegang.

4. Tidur dan makan teratur

Tubuh kita tentunya memerlukan istirahat setelah seharian melakukan aktivitas. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup setidaknya 8 jam sehari. Namun, kamu juga harus mengatur jadwal tidur yang sehat, jangan sering begadang karena dapat menyebabkan sakit kepala. Bila jadwal tidurmu berantakan, maka metabolisme tubuh akan terganggu dan menimbulkan berbagai penyakit seperti sakit kepala.

Selain istirahat yang teratur, makan juga harus teratur! Atur jadwal makan kamu agar tubuh kamu terpenuhi nutrisinya sehingga dapat melakukan aktivitas dengan normal.

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang hal-hal yang harus kamu hindari agar tidak memicu terjadinya sakit kepala serta tips untuk mengobati rasa sakit kepala secara efektif. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mencegah dan mengurangi rasa sakit kepala. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

25 komentar untuk "Aktivitas Pemicu Sakit Kepala Dan Cara Meredakan Sakit Kepala Secara Ampuh"

Comment Author Avatar
Saya sering mengalami sakit kepala karena beberapa pekerjaan yang mengharuskan lembur, akibatnya badan ngasih alarm untuk istirahat dengana danya sakit kepala. Pekerjaan yang deadline sampai menyita waktu sampai tengah malam memang sepertinya harus dikurangi banget
Comment Author Avatar
saya kayaknya termasuk yang jarang olahraga kak belakangan ini, jadi kadang sakit kepala tapi sebentar saja sih, dan tipsnya bermanfaat banget niy kak, kebetulan adek sering sakit kepala
Comment Author Avatar
Nah lho, ternyata kurang berolahraga ditambah dengan stres yang dialami, bisa banget memicu munculnya sakit kepala. Waduw, pantas sih kalau aktivitas sedang super padat dan bikin kehilangan waktu me time atau sekadar berolahraga ringan, bisa banget bikin badan nggak nyaman dan cenderung dapat gangguan sakit kepala.
Comment Author Avatar
Pernah mengalami sakit kepala akibat begadang dan ngopi, jadi nyut2an sekali dan rasanya tak enak. Tapi kan sakit kepala ini jgn digampangkan ya walaupun bisa sembuh dengan obat, tetap didukung dengan gaya hidup yang baik seperti olahraga dan asupan makan yg bergizi serta teratur
Comment Author Avatar
Stigma masyarakat yang sudah kecanduan kaffein sering kali beralasan bahwa sakit kepala dipicu karena telat ngopi. Padahal justru kaffein dalam kopi itulah yg menyebabkan sakit kepala ya, bukan malah mengobati
Comment Author Avatar
Pas banget artikelnya..kak.
Beberapa hari ini aku sedang sakit kepala dan gak biasa minum obat. Sekarang, aku punya cara ampuh. Selain istirahat dan minum air mineral yang cukup juga mengoleskan balsem di titik-titik lelah.

Kalau yang aku alami, mungkin terlalu banyak duduk yaah.. Jadi tulang punggung dan lengan terasa pegal dan sakit sehingga aliran darah ke otak gak lancar.
Hiiks~
Comment Author Avatar
Saat tubuh mulai terasa tidak nyaman, demam dan sakit kepala, saya biasanya gak langsung minum obat, tapi mengistirahatkan saja dulu. Tidur cukup, makan teratur dan gak banyak pikiran. Alhamdulillah sih dengan begitu sakit sembuh dan mereda dengan sendirinya
Comment Author Avatar
Wah iyaya kopi pengaruh juga soalnya Daku kalau minum kopinya pas malam, kadang jadi sakit kepala memang. Makanya paling berubah jadi minum pas siang hari
Comment Author Avatar
Penyebab sakit kepala yang paling susah kuhindari itu kopi >.< Tadinya faktor stres juga sih. Tapi alhamdulillah dengan perbaikan sana-sini, sekarang lebih tenang dan stres berkurang.
Comment Author Avatar
Bersyukur banget mampir ke blognya Kakakiky, karena beberapa hari belakangan ini sering sakit kepala, udah dibawa tidur, tapi masih belum hilang juga. Ternyata kebanyakan ngopi bisa jadi penyebabnya. Mari minum air mineral yang diperbanyak.
Comment Author Avatar
aku sih paling sering sakit kepala kalau udah kurang minum air putih huhu.. apalagi kalau udah mendekati masa menstruasi, wah bisa tak tertahankan deh rasanya
Comment Author Avatar
Iya sih bener inii, kadang ngga ngapa2in pun sakit kepala taunya emang kebanyakan pikiran hahaha. Aku juga kalau sakit langsung nenggak obat sih biar ngga lamaaa
Comment Author Avatar
sakit kepala memang bisa timbul kapan saja dan bikin kesel. Jauhkan deh dari pemantiknya dan pastikan kita tahu penyebabnya sehingga bisa menyembuhkannya. duhh amit amit deh sakit kepala
Comment Author Avatar
aku tuhh ngerasa tersiksa banget tuh klo kambuh vertigo, istirahat dan asupan makanan emang penting banget buat jaga kesehatan sih ya
Comment Author Avatar
Sakit kepala ini termasuk penyakit yang sering saya alami. Tapi biasanya penyebabnya itu kalau lagi dalam perjalanan jauh trus cuaca lagi panas banget. Pasti sampai di rumah itu sakit kepala menyerang. Iya juga, stres atau terlalu banyak pikiran bisa memicu sakit kepala juga
Comment Author Avatar
huaah relate nih. aku lebih ke stres sama jarang olahraga sih kayaknya. haduh mager banget :')
Comment Author Avatar
Kumat sakit kepala saya biasanya karena begadang, stres, dan kurang olahraga. Memang harus mulai menata waktu biar bisa melakukan olahraga ringan tapi rutin, sebagai bentuk untuk menjaga kesehatan tubuh, plus tidur yang cukup juga. Makasih kakak, sudah diingatkan
Comment Author Avatar
Aku klu sakit kepala biasanya dibawatidur bangun2 udah segar lagi. Makasih tips2nya ya kak bermanfaat nih
Comment Author Avatar
Bahaya banget sih kalo uda stres berlebih ya pastinya mudah sakit kepala deh. Hindari stres dan tidur teratur ini penting dilakukan jaman sekarang dikarenakan kadang banyak pikiran dan kerjaan yang menumpuk suka buat stres.
Comment Author Avatar
Aku termasuk orang yang gampang sakit kepala, terutama kalau lagi kecapekan, stress ataupun telat makan. Obat terbaik memang istirahat sih, alias tidur. Tapi Kalau telat makan, ya langsung buru2 makan dulu baru habis itu tidur hehe.
Comment Author Avatar
salah satu obat yg mesti standby di rumah maupun saat perjalanan itu adalah obat sakit kepala, dan selalu ampuh reaksinya paling cepat 30 sampai 1 jam gitu kepala udah mulai ringan
Comment Author Avatar
Susah bangeett yang hindari stres. Meski bagaimanapun mesti keikut aja tuh stress.. munculnteruuss
Comment Author Avatar
Kok pas banget ya aku lagi sakit kepala nemu artikel ini. Memang kudu ngurangin stress nih aku... akhir-akhir lagi banyak banget kerjaan yg bikin ruwet, terus jadilah stress, jadilah pusing gini.
Comment Author Avatar
Kalau habisbegadang itu sakit kepala memang tidak tertahankan. Jadi, sekarang aku kurangin begadang. Karena, emang udah gak kuat lagi. jam 10 udah ngantuk banget. Biasanya kalau sakit kepala tidak tertahankan aku konsumsi obat paracetamol, seperti Sariodn ini.
Comment Author Avatar
Aku sakit kepala akut tuh kalau masuk angin dan kalau sedang PMS. Jadi memang butuh terhidrasi dan banyak makan yang hangat dan berkuah hihi.