Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Dengan Gaya Yang Lebih Asik Bersama Zenius Education

tips belajar untuk macam jenis gaya belajar
Belajar lebih asik dengan Zenius Education

KakaKiky -  Belajar merupakan kegiatan yang wajib dilakukan setiap orang untuk mendapatkan sebuah pengetahuan. Setiap orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi gaya belajarnya. Oleh karena itu kita tidak bisa selalu menyamakan gaya belajar seseorang dengan orang lainnya karena bisa jadi cara mereka memahami sesuatu itu melalui hal yang berbeda.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa tipe atau gaya belajar dan bagaimana caranya mendapatkan ilmu dengan gaya belajar yang asik dan cocok untuk muda-mudi zaman sekarang. Untuk pembahasan selengkapnya silahkan disimak di bawah ini ya sobat!

Pengertian Gaya Belajar

Maksud dari gaya belajar adalah sebuah kecenderungan spesifik yang dimiliki oleh seseorang untuk menangkap, menyerap, dan memproses suatu informasi atau materi pelajaran yang didapatkan. Proses penyerapan informasi ini bisa dilakukan menggunakan panca indra seperti pendengaran dan penglihatan.

Tipe-Tipe Gaya Belajar

ganti cara belajar sesuaikan dengan tipe gaya belajar pada siswa
Tipe gaya belajar

Setelah mengetahui maksud dari gaya belajar maka kita akan dapat memahami bahwa setiap orang memiliki tingkatan dan cara yang berbeda dalam menyerap sebuah informasi. Dengan kata lain, setiap orang akan menggunakan kekuatan yang berbeda dalam menyerap dan memproses informasi tergantung pada sensitivitas pada panca inderanya.

Berikut ini adalah beberapa tipe gaya belajar yang biasanya dimiliki oleh seseorang:

1. Gaya belajar visual

Orang dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan untuk belajar dengan cara melihat karena mereka memiliki indera penglihatan yang tajam dan teliti. Mudah bagi mereka untuk memahami dan mengingat informasi dari sebuah tulisan, desain, peta, simbol-simbol, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bentuk.

2. Gaya belajar auditori

Orang dengan gaya belajar auditori akan sangat mudah memahami suatu materi yang berasal dari berbagai sumber suara. Misalnya seperti penjelasan dari guru, seminar, pidato, rekaman suara, podcast, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, orang dengan gaya belajar seperti ini lebih suka untuk mendengarkan penjelasan materi daripada harus membacanya.

3. Gaya belajar kinestetik (Physical)

Orang dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan untuk memahami dan menyerap suatu materi dengan melibatkan gaya gerak karena sangat sensitif terhadap gerakan, sentuhan. Dan indra peraba. Contoh orang dengan gaya belajar ini lebih menyukai pelajaran olahraga, menari, memainkan alat musik, praktek, dan sebagainya.

4. Gaya belajar logical

Orang dengan gaya belajar logical memiliki kemampuan untuk memahami dan menyerap suatu materi secara menyeluruh. Mereka cepat menyadari suatu bentuk pola atau melihat keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya. Orang dengan gaya belajar seperti ini merupakan seorang yang mudah dalam memecahkan suatu masalah dan tidak perlu mengandalkan hafalan.

5. Gaya belajar sosial (Interpersonal)

Orang dengan gaya belajar sosial memiliki kemampuan sosial yang baik seperti pandai berkomunikasi dengan verbal maupun tulisan. Mereka akan sangat nyaman jika harus belajar dengan cara berdiskusi dan berkonsultasi baik dengan guru, maupun teman sekelas.

6. Gaya belajar Intrapersonal

Orang dengan gaya belajar intrapersonal merupakan kebalikan dari gaya belajar sosial. Mereka dengan gaya belajar intrapersonal lebih suka belajar di tempat atau keadaan yang sepi, lebih suka melakukan segala sesuatu sendirian seperti membaca buku misalkan.

Nah sobat, itulah 6 tipe gaya belajar yang umumnya kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Memang agak susah ya kalau dalam suatu kelas banyak yang tipe gaya belajarnya berbeda-beda, terkadang jadi agak susah untuk memahami suatu pelajaran.

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi sobat, solusinya bisa dengan menggunakan aplikasi Zenius Education yang akan membantu dan mendukung semua pelajar dengan berbagai macam gaya belajar. Wah, hebat banget ya aplikasi Zenius ini! Kalau kamu mau tahu lebih lengkap tentang aplikasi Zenius, lanjut simak ulasannya di bawah ya!

Belajar Dengan Gaya Yang Lebih Asik Bersama Zenius Education

review tentang zenius education

Sekilas mungkin kamu akan beranggapan bahwa bimbingan belajar melalui aplikasi itu hanyalah sebuah gaya belajar untuk anak-anak ambisius saja, namun nyatanya tidak seperti itu sobat! Kita harus buang pemikiran yang seperti itu.

Zenius Education mempunyai sistem pembelajaran yang adaptif di mana ekosistem belajarnya bisa dilakukan secara online dan offline. Dengan sistem yang adaptif tentunya membuat Zenius ini cocok dengan segala macam tipe atau gaya belajar yang kamu miliki sehingga belajar bisa lebih asik. Oh iya, jika ingin mengunjungi link di atas, pastikan kamu sudah daftar dan login terlebih dahulu ya!

Pengalaman Menggunakan Aplikasi Zenius Education

Sekarang saya sudah ganti cara belajar dengan menggunakan Zenius Education. Aplikasi ini memang sangat jenius menurut saya, karena banyak sekali hal bermanfaat yang bisa kita pelajari di aplikasi ini mulai dari banyaknya materi pelajaran, tips belajar yang efisien, sampai dengan fitur fitur yang bisa buat kita jadi auto jenius. Saya sendiri paling suka sama fitur ZenCore Adaptive yang dimiliki oleh aplikasi ini.

Apa itu ZenCore Adaptive?

Merupakan fitur yang disediakan oleh Zenius untuk melatih dan mengupgrade skill serta knowledge yang kita miliki dengan mengerjakan soal-soal yang bersifat adaptif. Dengan fitur ini kita bisa melakukan pemanasan otak terlebih dahulu supaya bisa lebih mudah menangkap materi.

apa itu fitur zencore pada aplikasi zenius education
Fitur ZenCore pada Zenius Education

Kamu gak perlu takut sama ZenCore ini, karena soal yang diberikan tidak langsung ke tahap yang susah, melainkan diberikan berdasarkan kemampuan kita. Di ZenCore akan memberikan kamu materi yang menurut Zenius wajib dikuasai oleh semua orang, terlepas dari apapun gaya belajarmu, latar belakang pendidikanmu, jurusan, atau bidang kerja.

Fitur ZenCore terbagi dalam 3 tes kemampuan utama yaitu Logika Verbal, Matematika, dan Bahasa Inggris. Masing-masing tes akan melatih konsentrasi dan daya berpikir yang kamu miliki.

1. Verbal Logic (Logika Verbal)

Pada tes kemampuan verbal logic, kita akan diberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai logika berpikir, misalnya seperti pertanyaan hubungan sebab dan akibat. Pertanyaan-pertanyaan tentang logika seperti ini biasanya diuji pada tahap psikotes ketika kita ingin masuk ke TNI, Polisi, CPNS dan sebagainya.

2. Matematika

Jika kamu ingin melakukan pemanasan otak, maka tes kemampuan matematika ini bisa jadi salah satu solusinya. Pada tes matematika ini kita diberikan soal-soal seperti mengerjakan perhitungan matematika secara cepat baik itu penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kita juga akan dilatih menerjemahkan soal menjadi kalimat yang bisa kita pahami dan menyelesaikan soal tersebut dengan baik.

3. Bahasa Inggris

Di zaman sekarang ini pandai berbahasa Inggris merupakan suatu keharusan, apalagi kalau kamu ingin belajar atau bekerja di luar negeri. Nah, dengan menu tes kemampuan Bahasa Inggris pada ZenCore ini bisa membantu kamu dalam mewujudkan hal tersebut. Kita akan dilatih dengan soalan seputar vocabulary dan penggunaan tenses. Jika kamu terbiasa berlatih di sini, maka kamu bisa memperbanyak kosa kata atau vocabulary dan melatih kamu untuk menggunakan struktur kalimat yang baik dan benar.

Intinya ZenCore ini diperuntukkan bagi semua orang agar bisa lebih menajamkan skill dalam berbahasa, berlogika, dan berpikir secara sistematis, sehingga kita akan dapat menganalisis informasi yang kita dapatkan dengan baik.

Selain fitur di atas, yang saya suka dari Zenius ini adalah memiliki ekosistem pembelajaran yang online dan juga offline, sehingga sangat cocok untuk semua orang dengan tipe gaya belajar yang berbeda-beda.

Ekosistem pembelajaran Online di Zenius

Bagi kamu yang lebih suka belajar online sendiri dengan lebih tenang tanpa harus keluar dari rumah, kamu bisa mencoba fitur ZenBot dan juga fitur Zenius Live Class. Berikut penjelasan dari masing-masing fitur tersebut.

1. ZenBot Si Robot Pintar

Menurut saya ZenBot merpakan fitur terkeren setelah ZenCore. Fitur ZenBot ini dapat memecahkan soal matematika melalui foto yang kamu upload ke aplikasi Zenius, keren banget kan!?

Bukah hanya itu saja loh sobat, si ZenBot ini juga bakalan kasih penjelasan di tiap jawaban yang sudah dipecahkan, jadi kamu tetap bisa memahami bagaimana memecahkan soal matematika tersebut. Kalau kamu lagi mentok untuk menjawab soalan matematika, langsung ingat ZenBot aja ya!

2. Zenius Live Class

Daripada ngikutin live video yang kurang bermanfaat mendingan kamu ikutin aja Zenius Live Class. Ini merupakan fitur siaran langsung yang bisa kamu gunakan untuk dapat belajar serta berinteraksi secara langsung dengan pemateri tentang ilmu yang disampaikan. Dapatkan pula tips belajar dari pemateri agar cara belajar kamu jadi lebih efektif. Keren banget ya fitur Zenius Live Class ini, bisa dapet materi sekaligus interaksi langsung dengan si pemateri dan terlebih lagi kelas tersebut gratis!

3. Fitur Content Library

Zenius Education juga punya fitur Content Library loh! Fitur ini akan membantu kamu dalam mendapatkan pemahaman untuk setiap mata pelajaran sekolah seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah Indonesia, sains, dan sosial. Banyak materi yang bisa kamu pelajari di dalam fitur ini, bahkan content library yang ada mencapai 100 ribu konten lebih.

Ekosistem pembelajaran Offline di Zenius

Pembelajaran offline ini sangat cocok bagi kamu yang suka berdiskusi dan bersosialisasi secara langsung dengan orang lain.  Zenius saat ini sudah bekerja sama dengan salah satu bimbel terbaik yaitu Primagama.

Dengan konsep pembelajaran hybrid yang menggabungkan pembelajaran daring dengan pembelajaran tatap muka memungkinkan kamu untuk dapat berinteraksi secara langsung dengan teman sekelas dan pemateri.

Back To School Bersama Zenius Education

Nah sobat, bagi kamu yang akan memasuki tahun ajaran baru jangan lupa untuk Ganti Cara Belajar dengan gaya belajar yang lebih keren dan asik bersama Zenius Education! Karena Zenius Education itu cocok bagi semua orang walaupun gaya belajarnya berbeda-beda.

Untuk mendukung seluruh pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikannya, Zenius Education akan memberikan biaya langganan yang lebih terjangkau untuk semua paket pembelajarannya.

Mulai tahun ajaran baru nanti, paket-paket belajar super keren di Zenius Education bisa kamu dapatkan hanya dengan harga mulai Rp 199.000 aja per tahun! Wow murah banget!

Jadi tunggu apa lagi? Bagi kamu yang ingin merubah pola belajar jadi lebih baik, yuk langsung aja download aplikasinya di link berikut ini. Tersedia untuk Android dan juga iOS sehingga siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini.

Kesimpulan Zenius Education

Berdasarkan artikel di atas, dapat kita simpulkan bahwa Zenius Education merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk ganti cara belajar jadi lebih efektif dan efisien karena di aplikasi ini kita akan lebih banyak belajar tentang hal yang penting-penting saja. Pembelajaran dengan ekosistem online-offline membuat aplikasi ini cocok untuk semua orang dengan tipe dan gaya belajar yang berbeda-beda.

Nah sobat, mungkin cukup sekian pembahasan tentang tipe-tipe gaya belajar dan ulasan tentang aplikasi Zenius Education yang dapat meningkatkan skill dan pengetahuan para penggunanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca, silahkan tinggalkan jejak berupa komentar. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

28 komentar untuk "Cara Belajar Dengan Gaya Yang Lebih Asik Bersama Zenius Education"

  1. Keren banget si ZenBot bisa nyelesaiin soal matematika cuma pake foto soal doang. Bagi yang mentok jawaban berguna banget ini mah.

    BalasHapus
  2. Kalau gaya belajar saya sepertinya visual deh, karena saya lebih suka baca informasi dan materi gitu dari buku, web, dan sebagainya.

    BalasHapus
  3. Fitur ZenCore memang asik banget buat pemanasan otak sebelum ngadepin soal-soal, saya juga suka banget sama fitur ini kak.

    BalasHapus
  4. Mantap ya Zenius Education, pembelajarannya bisa mengikuti berbagai gaya belajar siswa. Ekosistem belajarnya juga bisa secara online dan offline.

    BalasHapus
  5. Cocok banget untuk membantu perkembangan belajar siswa. Terkadang materi dari sekolah masih kurang maksimal, dengan adanya Zenius Education akan sangat membantu sekali.

    BalasHapus
  6. Ternyata gaya belajar itu ada banyak macam jenisnya ya kak. Menjadi orang tua yang baik sepertinya memang harus paham juga nih gaya belajar sang anak, jadi bisa kasih ekosistem pembelajaran yang terbaik buat anaknya, salah satunya Zenius Education ini.

    BalasHapus
  7. Ternyata gaya belajar itu banyak ragamnya, ya. Kalau nemu cara belajar yang sesuai jadi lebih efektif deh.

    BalasHapus
  8. Setiap orang memang punya gaya belajar masing-masing ya, Mas. Jadi sesuaikan saja senyamannya dan sesuai gaya belajar. Yang penting hasilnya maksimal.
    Dan saya juga Zenius ini. Belajarnya sangat adaptif dan disesuai dengan sikon sekarang. Verbal Logic, Bahasa Inggris, dan matematika disajikan secara kuis dan per level. Jadi semakin semangat belajarnya.

    BalasHapus
  9. Lengkap ya Zenius ini, bisa hybrid, online maupun offline, kerjasamanya juga bareng bimbingan yg terpercaya. Kalau live class, memang udah ada jadwalnya, atau bisa pilih waktu? Live classnya satu murid, satu tutor?

    BalasHapus
  10. Banyak guru cenderung memaksakan gaya belajar yang sama untuk semua muridnya. Untungnya di Zenius ini kita bisa belajar dengan gaya yang efektif buat kita ya.

    BalasHapus
  11. Zenius Education tu kayak ngajarin kita buat belajar yang penting-penting aja dulu. Terus waktu sisanya bisa kita pakai untuk main. Anak-anak pasti demen yang begini. Secara kalau disuruh main, mereka emang paling favorit. Iya nggak sih?

    BalasHapus
  12. Kalau sudah kenal dengan gaya belajarnya seperti apa, bisa makin semangat sih, apalagi belajarnya bareng Zenius yang banyak fitur bermanfaatnya

    BalasHapus
  13. kalau saya sendiri lebih ke tipe belajar visual dan masuk ke Sosial juga :D
    tapi Sulung saya lebih kinestetik, anaknya gak bisa diam hihih, makanya ini udah cobain Zenius dulu karena katanya bisa mengakomodir semua tipe atau gaya belajar, eehh malah emaknya ini yang ketagihan ikutan adu otak di Zencore :D

    BalasHapus
  14. Paling suka fitur ZenCore dari Zenius nih, jadi challenge tersendiri buat mengasah otak. Dah gitu ada pembahasannya pula, jadi tahu mana yg bener.

    BalasHapus
  15. Efectif banget belajar dengan Zenius education ini ya. Belajar sesuai dengan gaya masing-masing pesertanya. Praktis dan mudah dimengerti, sehingga masih ada waktu untuk melakukan hobi penyeimbang lain.

    BalasHapus
  16. kebetulan banget keponakan baru mau masuk sekolah lagi dan mamanya super busy, dan mencari tempat kursus terbaik, bisa saya rekomendasikan ni kak

    BalasHapus
  17. Zenius Education ini emang recommended ya kak
    Pas banget buat menemani anak anak belajar di tahun ajaran baru

    BalasHapus
  18. Saya juga sudah mencoba Zenius nih.. Fitur ZenBot nya masih jadi favorit juga.. Fitur yg lain pun tak kalah asiknya.. Keren banget deh..

    BalasHapus
  19. Yess, setuju. Cara setiap orang memahami sesuatu itu berbeda jadi menyesuaikan gaya belajar juga penting biar hasilnya maksimal ya

    BalasHapus
  20. Gabung sama Zenius pertama kali cobain ZenCorenya, asyik banget emang hihi sampe ketagihan. Jadi belajar jauh lebih menyenangkan ya kak

    BalasHapus
  21. Pas banget nih ya, tahun ajaran baru, harus lebih siap menghadapinya. Dan untuk menunjang belajarnya anak, perlu nih belajar di Zenius Education.

    Suka dengan metode dan cara belajarnya.

    BalasHapus
  22. Mantap banget nih Zenius. Seharusnya kurikulum di sekolah bikin kayak gini juga donk. Jadi gaya belajar siswa ga disamaratakan dgn lainnya. Siswa jadi mendapatkan gaya belajar terbaiknya.

    BalasHapus
  23. Seru banget ya jadinya kegiatan belajar kalau belajarnya di Zenius Education. Kebayang banget sih belajar fisika, kimia, matematika yang bentar doang udah bikin ngantuk. Tapi, sepertinya kalau belajar di Zenius nggak bakal bosan deh malah ketagihan.

    BalasHapus
  24. Kebetulan anak-anak saya memiliki kecenderungan Kinestetik semua. Jadi lumayan harus putar otak untuk mengajarkan materi seperti math. Makanya pas kenalan sama ZenCore kemarin mereka seneng banget karena bisa belajar math dengan cara sedikit berbeda.

    BalasHapus
  25. Agaknya aku memiliki Gaya belajar Intrapersonal deh..
    Soalnya memang gak biasa belajar di tempat ramai dan mendadak jadi introvert gitu.. Kalau ke perpus pun aku lebih memilih sendiri, gak bareng sama genggesku zaman dulu, emm.. Cocok juga belajar dengan mandiri menggunakan apps Zenius.

    Nurun ke anakku yang kedua sih..
    Dia suka sepi dan fokus.

    BalasHapus
  26. Senangnya punya cara belakar yg lebih praktis dan menarik ya, anak-anak pasti lebih semangat lg belajarnya :)

    BalasHapus
  27. Suka banget dengan programnya Zenius, bisa menyesuaikan dengan cara belajar anak, jadinya cocok untuk semua anak

    BalasHapus
  28. Saya keranjingan jadinya Bg... nyobain ZenCore padahal akun saya akun ZenOrtu, ikutan kuis verbal dan logika, Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains, trus intip2 skor dan global rank dong,,, semangaatt

    BalasHapus