5 Manfaat Alpukat Mentega, Harga, dan Cara Membeli

manfaat konsumsi buah alpukat mentega bagi kesehatan tubuh
Manfaat buah alpukat mentega

KakaKiky - Alpukat atau Avokad merupakan buah yang memiliki kandungan lemak baik yang tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lain. Tak hanya bisa diolah sebagai minuman, Alpukat juga bisa diolah sebagai makanan yang nikmat. Oleh karena itu banyak orang yang menyukai buah hijau dengan tekstur lembut yang satu ini. Alpukat memiliki banyak macam jenis, salah satu contohnya adalah alpukat mentega.

Alpukat sering kali dijadikan bahan utama maupun bahan tambahan untuk makanan dan minuman baik yang tradisional maupun modern. Selain itu, alpukat juga sering digunakan sebagai makanan untuk program diet atau menurunkan berat badan.

Nah sobat, pada postingan kali ini Kiky akan membahas tentang salah satu jenis buah alpukat, yaitu alpukat mentega, mulai dari pengertian, manfaat konsumsi buah alpukat mentega, dan harga alpukat mentega.

Apa itu Alpukat Mentega?

harga alpukat mentega di pasaran
Alpukat mentega

Alpukat mentega adalah salah satu jenis alpukat unggulan karena memiliki buah dan daging yang tebal. Selain itu tekstur nya juga sangat lembut dan warna dagingnya bersih kuning layaknya mentega. Oleh karena itu masyarakat Indonesia banyak yang menyukai jenis alpukat yang satu ini.

Untuk bobot dari buah alpukat mentega rata-rata adalah 600 gram per buahnya. Bentuknya membulat dengan bagian pangkal dan ujung seperti membulat juga. Buah ini dapat mencapai panjang 13-17 centimeter dengan diameter sepanjang 10-14 centimeter. Sedangkan untuk tebal daging buahnya yaitu kurang lebih 2 centimeter.

Manfaat konsumsi buah alpukat mentega bagi tubuh

Buah alpukat mentega selain mengandung banyak lemak tak jenuh alias lemak baik, juga mengandung serat, karbohidrat, dan protein yang memang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsi alpukat mentega:

1. Dapat membantu menjaga berat badan

alpukat mentega dapat menjaga berat badan
Menjaga berat badan

Seperti yang Kiky jelaskan di atas, alpukat mentega kerap dijadikan sebagai bahan makanan untuk program diet. Hal ini dikarenakan buah alpukat kaya akan serat dan karbohidrat yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Meskipun kandungan lemak yang dimiliki oleh buah alpukat mentega itu tinggi, namun tidak akan membuat berat badan kamu naik karena lemaknya adalah lemak tak jenuh (lemak baik).

2. Alpukat mentega dapat mengatasi sembelit atau konstipasi

Sembelit terjadi ketika kita kekurangan asupan serat dan cairan harian untuk tubuh. Alpukat mentega dapat mengatasi sembelit karena kandungan seratnya, sementara untuk cairan tubuh setidaknya kamu harus mengkonsumsi 2 liter air per harinya.

3. Alpukat Mentega dapat membantu mengendalikan tekanan darah

Buah ini selain kaya akan serat dan lemak baik juga kaya akan kandungan mineral berupa kalium. Jenis mineral ini bermanfaat untuk dapat mengendalikan tekanan darah dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

4. Alpukat Mentega dapat menjaga kesehatan mata

alpukat mentega dapat menjaga kesehatan mata
Menjaga kesehatan mata

Buah alpukat mentega memiliki kandungan antioksidan dan jenis zeaxanthin dan lutein yang mampu untuk menunjang kesehatan mata. Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science.

5. Alpukat mentega membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan mineral, protein, serat, lemak baik, dan vitamin dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Rutin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti alpukat mentega dapat menurunkan kadar LDL yang ada dalam tubuh.

Apa itu kadar LDL? Kadar LDL adalah kadar kolesterol jahat, apabila terlalu tinggi tentu tidak baik bagi kesehatan karena memicu terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung, yang akhirnya akan mengakibatkan banyak permasalahan pada jantung. Oleh karena itu kamu harus rajin mengkonsumsi sayuran dan buah.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah alpukat atau avocado. Sekarang mari kita cari tahu harga dari buah alpukat mentega.

Harga Alpukat Mentega di pasaran

Setelah membaca artikel di atas, mungkin kamu akan penasaran dan bertanya berapa harga alpukat mentega di pasaran? Apakah harganya mahal karena banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan? Tentu saja tidak sobat.

Harga alpukat mentega adalah mulai dari Rp 20.000 sampai dengan Rp 40.000 untuk setiap kilogramnya. Harga alpukat mentega dapat berbeda dilihat dari kualitasnya, karena di pasaran ada alpukat mentega biasa dan alpukat mentega super. Tentunya jika kamu memilih yang kualitas super harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Tempat membeli alpukat mentega murah dan berkualitas

cara beli alpukat mentega dengan kualitas yang baik
Tempat membeli alpukat mentega

Jika kamu masih bingung di mana tempat mendapatkan buah alpukat mentega dengan kualitas yang baik, kamu tidak perlu khawatir sobat. Kamu bisa langsung membelinya menggunakan aplikasi Sesa.id.

Apa itu aplikasi Sesa.id?

Sesa.id adalah sebuah platform supermarket sehat yang memungkinkan kamu untuk membeli berbagai macam kebutuhan makanan dan minuman sehat untuk rumah tangga secara online. Dengan membeli kebutuhan makanan dan minuman di Sesa.id kamu bisa jadi lebih #SehatSekarang.

Yuk, download aplikasi Sesa.id sekarang juga! Aplikasi ini bisa digunakan di android dan juga iOS. Berikut link download aplikasi Sesa.id:

Nah sobat, itulah informasi terlengkap tentang apa itu alpukat mentega, apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh, harga alpukat mentega, dan bagaimana cara membeli alpukat mentega yang berkualitas baik. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membaca. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!