Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waalaikumsalam atau Waalaikumussalam, Mana Yang Benar?

jawaban salam yang tepat waalaikumsalam atau waalaikumussalam
Jawaban salam yang benar

KakaKiky - Dalam agama Islam, ketika berjumpa dengan saudara seiman disunahkan untuk mengucapkan salam yaitu Assalamu’alaikum. Salam merupakan ungkapan sapaan yang di dalamnya terdapat doa kebaikan. Oleh karena itu, umat islam yang mendengarkan salam wajib hukumnya untuk menjawab selama tidak ada halangan.

Meskipun salam sudah sering diucapkan, namun penulisan jawaban dari salam masih banyak yang keliru. Ada yang menjawab dengan menulis waalaikumsalam dan waalaikumussalam, manakah yang benar di antara keduanya? Karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang penulisan jawaban waalaikumsalam yang baik dan benar.

Apa hukumnya menjawab salam?

Wajib hukumnya menjawab salam yang diberikan oleh seseorang dengan penghormatan yang lebih baik atau serupa. Hal ini sudah dijelaskan dalam surat An-Nisa ayat 86 yang berbunyi:

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

Artinya: “Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An Nisa ayat 86).

Waalaikumsalam atau Waalaikumussalam, mana yang lebih tepat?

Ucapan jawaban salam yang paling tepat adalah Wa’alaikumussalam. Hal ini dikarenakan ucapan salam “Assalamu’alaikum” menggunakan “al” ma’rifat. Oleh karenanya, sesuai dengan penjelasan Surat An-Nisa Ayat 86, kita diharuskan menjawab salam dengan menggunakan “al” ma’rifat pula agar sepadan. Dengan begitu, kita harus menjawab salam dengan ucapan wa’alaikumussalam bukan wa’alaikumsalam.

Nah sobat, sekarang kamu sudah tahu kan kalau jawaban salam yang benar dan tepat itu adalah Wa’alaikumussalam bukan Wa’alaikumsalam. Semoga postingan singkat ini bisa bermanfaat buat kalian ya! Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman-teman kalian agar mereka juga tidak ikutan salah dalam menuliskan kata. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!

Posting Komentar untuk "Waalaikumsalam atau Waalaikumussalam, Mana Yang Benar?"