5 Cara Mudah Untuk Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

tips dan trik mendapatkan beasiswa luar negeri s1 s2 dan s3
Cara mudah mendapatkan beasiswa luar negeri

KakaKiky - Beasiswa luar negeri adalah beasiswa yang diberikan kepada seseorang untuk mengikuti program studi di luar negeri, contohnya Australia Awards Scholarship. Beasiswa luar negeri biasanya diberikan oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, perusahaan, atau organisasi lainnya untuk membiayai biaya kuliah, transportasi, penginapan, dan biaya hidup lainnya selama siswa atau mahasiswa tersebut mengikuti program studi di luar negeri.

Beasiswa luar negeri dapat diberikan untuk studi di tingkat sekolah menengah atau tinggi, termasuk universitas atau perguruan tinggi lainnya. Beasiswa luar negeri dapat diberikan untuk studi di berbagai negara di seluruh dunia, tergantung pada lembaga atau organisasi yang memberikan beasiswa tersebut. Beasiswa luar negeri dapat menjadi peluang bagus bagi siswa atau mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing dan memperoleh pengalaman belajar di luar negeri.

Tidak Paham Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Banyak siswa SMA/sederajat dan mahasiswa yang tertarik untuk melanjutkan studi atau pendidikan dengan mendapatkan beasiswa S1, S2, dan S3 di luar negeri, akan tetapi belum paham bagaimana cara mewujudkannya. Apalagi beasiswa luar negeri terbilang lebih sulit didapatkan ketimbang beasiswa dalam negeri. Oleh karena itu hal ini menjadi tantangan tersendiri, sebab kita harus berjuang keras untuk mendapatkan beasiswa karena saingannya ratusan bahkan ribuan orang.

Meskipun begitu bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkannya! Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan impian mendapatkan beasiswa luar negeri. Berikut pembahasan lengkap cara untuk mendapatkannya!

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Mendapatkan beasiswa S1, S2, dan S3 luar negeri terbilang cukup menantang dan sulit, oleh karena itu kamu harus menerapkan hal-hal di bawah ini agar bisa mewujudkannya:

1. Asah kemampuan berbahasa Inggris

mengasah kemampuan bahasa inggris untuk beasiswa luar negeri

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang sangat wajib untuk dikuasai jika ingin mendapatkan beasiswa dan mengenyam pendidikan di luar negeri. Hal ini dikarenakan pada proses seleksi beasiswa biasanya kamu diharuskan untuk melampirkan dokumen seperti nilai TOEFL dan IELTS.

Untuk mempersiapkan diri, kamu bisa mengikuti program seperti les khusus bahasa Inggris. Pelajari dengan seksama bagaimana cara mengerjakan TOEFL dan IELTS dengan baik agar nilai kamu tembus persyaratan untuk pengajuan beasiswa S1 luar negeri.

2. Belajar membuat Motivation Letter

belajar cara membuat motivation letter dan cover letter

Motivation letter, atau surat motivasi, adalah sebuah surat yang ditulis oleh seseorang untuk menunjukkan minat dan keinginan untuk memperoleh beasiswa, mengikuti program studi, atau bergabung dengan sebuah organisasi atau perusahaan. Surat motivasi biasanya ditulis dalam bahasa Inggris dan diikuti dengan menyertakan dokumen lain seperti CV atau transkrip nilai.

Jika pada umumnya orang-orang membuat essay dengan menggunakan kata-kata seperti “Saya ingin mempelajari budaya yang ada di sana” atau “Saya tertarik untuk belajar bahasanya” maka sebaiknya kamu hindari, karena motivation letter yang seperti terkesan sangat biasa dan tidak ada yang spesial.

Sebagai gantinya cobalah untuk menuliskan alasan menarik lainnya, seperti kamu sangat suka dan tertarik dengan negara tersebut karena sering menonton film-film buatan negara tersebut, kamu punya teman atau sahabat di sana, atau pernah memiliki teman yang pernah mengikuti pertukaran pelajar di negara tersebut.

3. Buat CV dan Portofolio yang bagus dan menarik

cara membuat cv menarik untuk lamar beasiswa luar negeri

CV dan Portofolio adalah dokumen yang sangat penting penggunaannya baik itu untuk melamar pekerjaan maupun melamar beasiswa. Oleh karena itu kamu harus membuat CV dan portofolio yang menarik dan informatif sehingga penyelenggara beasiswa lebih melirik kamu.

Ceritakan pengalaman dan prestasi kamu di CV dan portofolio yang kamu buat, gunakan desain yang menarik namun tidak berlebihan agar fokus dari perekrut tetap tertuju pada pengalaman dan prestasimu.

4. Siapkan surat rekomendasi

Surat rekomendasi dinilai sangat penting dalam proses pengajuan beasiswa luar negeri. Karena surat tersebut berisi informasi tentang kelayakan kamu untuk mendapatkan beasiswa dari lembaga penyedianya.

5. Belajar Interview

Belajar bagaimana cara menghadapi interview dengan tenang adalah suatu hal yang wajib kamu lakukan. Langkah ini bisa kamu lakukan dengan meminta bantuan orang terdekat seperti keluarga atau teman untuk menjadi orang yang mengajukan pertanyaan. Beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan yaitu artikulasi saat menjawab pertanyaan, tempo berbicara, serta gaya bahasa dan tubuh.

Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri

Dapat menempuh pendidikan di universitas ternama dan bergengsi di luar negeri adalah impian setiap orang. Bagi kamu yang ingin mencari beasiswa luar negeri maka saya akan merekomendasikan salah satu beasiswa luar negeri terbaik yaitu Australia Awards Scholarship.

Apa itu Australia Awards Scholarship?

cara mendaftar australia awards scholarship

Australia Awards Scholarship (AAS) adalah Beasiswa Australia yang memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk mendapatkan gelar master atau doktor dari universitas yang ada di Australia dan membuka peluang untuk merajut karir yang membawa perubahan.

Pelamar beasiswa akan dipilih berdasarkan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan, kecakapan berbahasa Inggris dan potensi untuk berperan dalam membangun Indonesia. Pendaftaran beasiswa ini dibuka dari bulan Februari - April setiap tahunnya.

Kesimpulan

Mendapatkan beasiswa luar negeri adalah impian banyak orang, oleh karena itu untuk dapat mewujudkannya kamu harus bekerja keras karena ada banyak saingan yang memperebutkan beasiswa tersebut. Kamu bisa meningkatkan skill dan kemampuan dengan menerapkan tips yang sudah dijelaskan di atas.

Nah sobat, itulah pembahasan tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa luar negeri S1, S2, dan S3 yang bisa kamu terapkan. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kamu pemburu beasiswa. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada teman dan kerabatmu. Cukup sekian, wassalamu’alaikum and Be Prepared!

CLOSE ADS
CLOSE ADS