Pengertian Raimuna - Syarat Syarat Menjadi Peserta Raimuna Nasional 2017 - Download JUKLAK Rainas 2017


KakaKiky –
Assalamualaikum, Salam Pramuka! Hai kakak kakak bagaimana keadaan kalian sehat bukan? Tidak terasa ya kalau Raimuna Nasional sebentar lagi akan diadakan. Nah walaupun tanggal pastinya belum diketahui, tapi antusias dari para pramuka penegak di seluruh indonesia ini sangat tinggi lo! Banyak dari kakak kakak pramuka penegak yang ingin mengikuti Raimuna Nasional (RAINAS).

Eittsss tunggu dulu kalau kakak kakak mau mengikuti yang namanya Raimuna Nasional kakak kakak harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu loh! Nah untuk itu iky mau membahas tentang persyaratan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang pramuka penegak supaya bisa ikut Raimuna Nasional.

Tapi kurang enak kalau kita tahu persyaratannya tapi gatau apa itu Raimuna, nah mari kita bahas terlebih dahulu tentang “APA ITU RAIMUNA?

*    PENGERTIAN RAIMUNA

Raimuna artinya adalah pertemuan antara Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk suatu perkemahan besar yang diselenggarakan oleh  Kwartir Gerakan Pramuka.

Kata Raimuna itu sendiri berasal dari bahasa Ambai yang berada didaerah Papua. Raimuna terdiri dari dua buah kata yaitu “Rai” dan “Muna”. Kata “Rai” bermakna sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan bersama. Nah kalau “Muna” memiliki arti daya atau kekuatan seseorang yang berpengaruh baik untuk mencapai kesuksesan.

Jadi kalau digabungkan Raimuna memiliki arti sekelompok orang  yang hidup dengan suatu kekuatan dan dijiwai oleh suatu daya kekuatan yang akan selalu memberikan semangat yang tinggi untuk mencapai tujuan dan kesuksesan.

Nah sobat pramuka itu dia tadi pembahasan singkat tentang apa itu Raimuna. Sekarang mari sama sama kita bahas tentang, Syarat – Syarat untuk menjadi seorang peserta Raimuna Nasional.

*    SYARAT – SYARAT UMUM MENJADI PESERTA RAIMUNA NASIONAL (RAINAS) TAHUN 2017 BERDASARKAN JUKLAK

1| Aktif di Gugus Depan
2| Memiliki syarat kecakapan umum Pramuka Penegak Laksana dan sudah menyelesaikan syarat Pramuka Garuda
3| Memiliki syarat kecakapan umum Pramuka Pandega dan sudah menyelesaikan syarat Pramuka Garuda
4| Berusia 17 – 24 Tahun
5| Mempunyai Semangat Dan Berdisiplin Tinggi
6| Sehat Jasmani Dan Rohani
7| Sanggup mematuhi tata tertib adat Raimuna Tingkat Nasional tahun 2017


Nah sobat pramuka, dari juklak tersebut meyebutkan bahwa peserta Rainas tahun ini haruslah pramuka Garuda, hal ini meyebabkan banyak terjadi pro dan kontra karena berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Berikut ini adalah salah satu komentar yang dipaparkan oleh kak Hendro Prakoso salah satu anggota di Grup pramuka facebook.



Begitulah ujaran yang disampaikan oleh kak Hendro Prakoso disalah satu grup Pramuka di facebook, di satu sisi memang benar juga yang dikatakan oleh kakak tersebut, tapi ya kita kembalikan lagi kepada Kwartir Nasional, apapun yang diputuskan untuk Raimuna Nasional nanti saya yakin itulah yang terbaik, positive thinking aja ya gak!? heheheh 😆


Nah untuk kakak kakak yang ingin mendownload JUKLAK Raimuna Nasional tahun 2017 bisa langsung klik tombol download dibawah sini ya!


Gimana sobat pramuka? Sekarang sudah tau kan, apa itu RAIMUNA dan syarat syarat untuk menjadi peserta Raimuna Nasional? Kalau gitu ayo persiapkan diri kalian untuk menuju Raimuna Tingkat Nasional! Kita sama sama berdo’a supaya bisa melangkahkan kaki kesana ya! Iky juga pingin ikut.. ehehehehehe!

Oh iya! Jangan lupa untuk share postingan ini ya! Kalian bisa klik tombol medsos yang ada di samping kiri (untuk platform PC) dan juga yang ada dibawah (untuk Handphone). Sekian dan terimakasih wassalamu’alaikum! SALAM PRAMUKA!

8 komentar untuk "Pengertian Raimuna - Syarat Syarat Menjadi Peserta Raimuna Nasional 2017 - Download JUKLAK Rainas 2017"

Comment Author Avatar
Comment Author Avatar
Alhamdulillah artikel sudah di update kak... :) untuk keterangan lebih lanjut dan lebih jelas kakak bisa download JUKLAK nya di atas... (v)
Comment Author Avatar
Selamat siang (13.15 Wib GMT +7).
Salam Pramuka.
Wah, arrikel bermanfaat, akan saya share untuk guru-guru saya di Facebook.
Sukses & rajin selalu untuk mengembangkan materi Pendidikan.
SALAM
Comment Author Avatar
Salam! Terimakasih banyak kak ^_^