Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page




Kakakiky -
Pernahkah kakak mendengarkan kata “Among?” yap! Mungkin saja sudah pernah, karena bagi seorang anggota Pramuka pastilah sudah sering mendengarkan kata tersebut. Dalam Gerakan Pramuka Sistem Among merupakan salah satu cara pelaksanaan pendidikan.

Namun tahukah kakak siapa yang telah menciptakan sistem among tersebut? Raden Mas Suwardi atau yang lebih kita kenal dengan nama Ki Hajar Dewantara, beliaulah yang telah menjadi penggagas sistem among tersebut. Beliau juga merupakan bapak pendidikan Indonesia serta telah mendirikan Perguruan Taman Siswa.

Ki Hajar Dewantara Lahir pada tanggal 2 Mei tahun 1889, dan beliau wafat pada tanggal 28 April tahun 1959. Ki Hajar Dewantara juga telah menjabat  sebagai Menteri Pendidikan pada kabinet RI yang pertama.

Nah, sekarang kita kembali lagi ke topik. Kata Among itu sendiri artinya adalah mengasuh, memlihara, ataupun menjaga. Dan orang yang melakukan sistem Among ini disebut “PAMONG”.

Design By M. Rizki Riswandi

Kalimat yang tertera pada gambar diatas diambil dari bahasa Jawa. Berikut ini adalah arti dari kalimat diatas:
1.              Ing Ngarso Sung Tulodo Artinya Di depan memberi Teladan.
2.              Ing Madya Mangun Karso Artinya Ditengah ikut membangun/melaksanakan
3.              Tut Wuri Handayani Artinya Di belakang memberi dorongan kearah kemandirian


Nah kakak kakak itulah pembahasan singkat tentang Sistem “Among” dalam Pramuka. Semoga bisa bermanfaat buat kakak kakak semua, jangan lupa untuk share artikel ini ke anak Pramuka lainnya ya! Biar Pramuka Indonesia semakin maju dan berjaya! Oh iya jangan lupa juga untuk ikutin iky di fanspage facebook, supaya bisa terus update dan ga ketinggalan tentang materi materi Pramuka caranya mudah cukup klik disini >>>  Kakakiky Fanspage  <<< Terima kasih kak, Salam Pramuka!!!

Leave A Reply
  1. Dulu ane juga anak pramuka tapi kok ga diajarin yak.. wkwkwk

    ReplyDelete
  2. oh jadi gitu toh, ane baru tau

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ane kalau itu pengertiannya

    ReplyDelete
  4. makasih gan info nya
    dari SMA baru tau ane klo arti nya seperti itu
    nice info gan

    ReplyDelete
  5. Wah blog anak pramuka ya,, mantap sukses terus, walaupun ane bukan anak pramuka, tetap dukung

    ReplyDelete
  6. ane masih smp jadi masih belum ngerti tentang among tapi ane nambah pengetahuan tentang pramuka

    ReplyDelete

Muhammad Rizki Riswandi

[name=Muhammad Rizki Riswandi] [img=https://lh4.googleusercontent.com/-G7Q7GEaN3Ww/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAACj8/ut8fOyusy-A/s512-c/photo.jpg] [description=Saya adalah Seorang Anak Pramuka yang ingin berbagi ilmu serta informasi tentang dunia kepramukaan dan juga ilmu pengetahuan, semoga tulisan tulisan saya dapat bermanfaat untuk kawan kawan semua] (facebook=https://facebook.com/kakakiky.id) (twitter=https://twitter.com/kakakiky_id) (instagram=https://instagram.com/kakakiky.id)