Tata Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik dan Benar - KakaKiky | Blog Edukasi
News Update
Loading...

4/20/2018

Tata Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik dan Benar

Kumpulan Contoh dan Cara Membuat Laporan Praktikum Dengan Baik dan Benar
KakaKiky - Sebelum kita belajar mengenai cara membuat Laporan Praktikum, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Laporan Praktikum. Laporan praktikum adalah suatu penjelasan lengkap mengenai percobaan yang telah dilakukan, laporan ini digunakan untuk menjelaskan serta menganalisis prosedur percobaan yang dilakukan dan data yang diperoleh. Di dalam laporan praktikum ini terdapat banyak sekali bagian-bagian yang penting yang harus diperhatikan, seperti hipotesis, daftar alat serta bahan yang digunakan, dan data mentah percobaan yang telah disusun dengan format tertentu.

Untuk membuat sebuah Laporan praktikum, baik itu laporan praktikum biologi, kimia, dan juga fisika, perhatikan langkah-langkah di bawah ini, agar laporan praktikum yang kamu buat menjadi laporan yang baik dan mudah dimengerti.

1.   Menentukan Judul Laporan
Menentukan Judul Laporan
Judul ini adalah nama dari percobaan yang kamu lakukan, judul dari laporan praktikum itu haruslah padat dan jelas.

2.   Menentukan Permasalahan yang akan kamu teliti
Menentukan Permasalahan yang akan Diteliti
Cobalah untuk menentukan hal yang akan kamu uji. Ini adalah tujuan dari penelitian. Mengapa kamu melakukan percobaan ini? Apa yang akan kamu dapatkan dan kamu pelajari dari percobaan ini? Saat kamu sedang menjelaskan tentang tujuan percobaan, cobalah untuk menjelaskan tentang hal yang dapat kamu peroleh dari percobaan tersebut dan hal-hal yang ingin kamu ketahui.

3.   Menentukan Hipotesis dari percobaan
Sumber Gambar : www.artikelsiana.com
Hipotesis adalah hasil yang diharapkan untuk memecahkan permasalahan dalam percobaan secara teoritis, ataupun perkiraan hasil dari percobaan.  Pada dasarnya, hipotesis adalah suatu perkiraan hasil penelitian yang didasarkan pada teori yang kamu yakini akan menjadi hasil dari percobaan. Hipotesis didasarkan pada pengetahuan ataupun percobaan sebelumnya. Kamu tidak bisa membuat hipotesis tanpa dasar-dasar yang mendukungnya, dan kamu juga tidak harus membuat sebuah hipotesis yang benar, karena kamu melakukan percobaan untuk mengetahui kebenarannya.

4.   Membuat daftar alat dan bahan
Sumber gambar : praktikumbiologi.com
Pastikan kamu mencantumkan semua nama alat dan bahan yang kamu gunakan untuk melakukan penelitian, buatlah dalam sebuah daftar yang ringkas dan jelas. Dengan adanya daftar ini, siapa pun bisa mengulangi percobaan kamu dan menegaskan hasil yang telah kamu nyatakan.

5.   Menjelaskan cara kerja dari Percobaan atau Penelitian
Menjelaskan cara kerja dari percobaan atau penelitian
Tuliskanlah langkah-langkah percobaan yang kamu lakukan sepanjang percobaan, serta pengukuran yang kamu lakukan. Cara kerja ini merupakan prosedur langkah demi langkah di laboratorium. Pastikan pula untuk menuliskan tindakan pencegahan yang harus kamu ambil saat melakukan percobaan.

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu lakukan, agar laporan praktikum kamu menjadi lebih baik dan lebih bagus.
·         Mintalah petunjuk dari guru bidang studi kamu untuk memastikan format laporan yang harus kamu gunakan.
·         Periksalah laporan kamu sebanyak dua kali, yang pertama untuk memeriksa formatnya, yang kedua untuk memeriksa isinya.
·         Pilihlah laboratorium yang kamu kenal dengan baik, dan percaya diri.
·         Gunakan format APA ataupun MLA, atau format apa pun yang diminta oleh guru pembimbing kamu untuk mencatat data eksternal. Selalu cantumkan sumber dari data-datamu.
·         Sebagian besar laporan praktikum haruslah ditulis dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, dalam bahasa inggris, laporan yang kamu buat harus menggunakan present tense, sedangkan untuk menuliskan metode dan pengamatan menggunakan past tense.
·         Jangan pernah menyontek hasil dari laporan praktikum orang lain. Karena praktikum yang kamu buat haruslah sesuai dengan apa adanya. Jangan merekayasa data dan hasil dari pengamatan.

Untuk mempermudah kamu dalam membuat laporan praktikum biologi, kimia, dan fisika, berikut ini iky telah menyediakan kumpulan contoh laporan praktikum. Mengingat luasnya pembahasan dari laporan praktikum tersebut, hanya iky cantumkan judul dari laporannya saja, untuk membaca laporan selengkapnya tinggal klik pada judul yang diingkan.

1.   Kumpulan contoh laporan praktikum biologi terlengkap
👉 Laporan Praktikum Pertumbuhan dan Perkembangan
👉 Laporan Praktikum Respirasi Anaerob Pada Proses Pembuatan Tape
👉 Laporan Praktikum Ekstraksi DNA dari Buah-Buahan

2.   Kumpulan contoh laporan praktikum Kimia terlengkap

3.   Kumpulan contoh laporan praktikum fisika terlengkap
👉 Laporan Praktikum Energi pada ayunan
👉 Laporan Praktikum Fisika dasar 1 Pengukuran
👉 Laporan Praktikum Fisika Hukum Archimedes


Cukup sekian artikel tentang Cara membuat laporan praktikum dengan baik dan benar beserta kumpulan contoh-contohnya, semoga dapat bermanfaat ya! Jangan lupa share artikel ini agar menjadi semakin berkah, wassalamu’alaikum.
Loading...

Share with your friends

1 komentar

Notification
KakaKiky.id Adalah sebuah blog yang bergerak di bidang pendidikan, khususnya pendidikan kepramukaan. KakaKiky update postingan setiap harinya, bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan informasi update terbaru, jangan lupa untuk subscribe menggunakan email kamu. Salam Pramuka and Be Prepared!
Done