Cara Pemasangan Atribut (Tanda Pengenal) Pramuka Penggalang

cara memasang atribut tanda pengenal pramuka penggalang

KakaKiky - Pada materi Pramuka sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang ‘Macam-macam tanda pengenal dalam Gerakan Pramuka’, ada baiknya sebelum masuk ke materi kali ini sobat baca materi Pramuka tersebut terlebih dahulu.

Nah, yang menjadi pembahasan kita pada postingan kali ini adalah Pemasangan atribut (tanda pengenal) pada Pramuka Penggalang. Tanda pengenal atau juga sering disebut sebagai atribut, dipasang pada pakaian seragam Pramuka dan tentunya dengan menggunakan aturan dan tata cara yang sudah ditetapkan.

Macam-Macam Atribut Pramuka Penggalang

macam jenis atribut pramuka penggalang wajib dikenakan

Atribut atau tanda pengenal yang dipasang di pakaian Seragam Pramuka penggalang (baik putra maupun putri) diantaranya adalah:

  • Tutup kepala
  • Tanda WOSM (Kepanduan Dunia)
  • Tanda pelantikan
  • Papan nama
  • Tanda Lokasi
  • Gugusdepan (Gudep)
  • Badge wilayah
  • Tanda Regu
  • Tanda Kecakapan Umum Penggalang (Manggar)
  • Tanda Kecapakan Khusus (TKK)
  • Tanda Jabatan (Pratama, Pinru, Wapinru)

Tata Cara Pemakaian Atribut Pramuka Penggalang

Berikut adalah berbagai macam atribut pramuka penggalang serta tata cara pemasangannya yang baik dan benar sesuai aturan:

1. Tanda Tutup Kepala

Biasa lebih kita kenal sebagai pin topi boni atau pin baret pramuka. Untuk anggota Putri berbentuk lingkaran sedangkan anggota Putra berbentuk segi delapan, dengan warna dasar merah. Pada putri dipasang di topi Pramuka bagian depan, sedangkan untuk putra di samping kiri baret Pramuka.

2. Tanda Pandu Dunia (WOSM)

Tanda Pandu Dunia atau WOSM berwarna dasar ungu. Untuk putri berbentuk bulat dan dipasang pada kerah baju sebelah kanan. Untuk putra berbentuk persegi, dipasang di atas papan nama bagian dada sebelah kanan.

3. Tanda Pelantikan

Berwarna dasar coklat tua. Untuk anggota Putri berbentuk bulat dan dipasang di kerah baju sebelah kiri. Sedangkan untuk Putra, dipasang di dada sebelah kiri, di bawah lipatan baju.

4. Papan Nama

Berwarna dasar coklat muda. Baik putra maupun putri dipasang di dada sebelah kanan di atas lipatan baju dan di bawah tanda pandu dunia (WOSM).

5. Tanda Lokasi Kwartir Cabang (Kwarcab)

Memuat nama kwartir cabang (Kabupaten/Kota) tempat anggota Pramuka tinggal. Baik Putra dan Putri, dipasang pada lengan baju sebelah kanan dan pada posisi paling atas.

6. Tanda Gugusdepan

Memuat nomor gugusdepan di mana anggota Pramuka itu bergabung. Baik Putra maupun Putri, pemasangannya adalah di lengan baju sebelah kanan tepat di bawah Tanda Lokasi Kwarcab. Untuk anggota putri nomor gudepnya genap sedangkan Putra ganjil.

7. Badge Daerah

Badge daerah adalah lambang kwartir daerah (Kwarda) tempat di mana anggota Pramuka tinggal. Dipasang di lengan baju Pramuka sebelah kanan, di bawah Tanda Gudep.

8. Tanda Kecakapan Khusus (TKK) Penggalang

Terdiri atas tiga bentuk sesuai tingkatan TKK, yaitu lingkaran (purwa), persegi (madya), dan segilima (utama). Baik Putra dan Putri pemasangannya adalah di lengan baju sebelah kanan, di kanan, kiri, dan bawah Badge Daerah. TKK yang dipasang pada lengan baju maksimalnya adalah lima buah, selebihnya dipasang pada tetampan TKK.

9. Tanda Jabatan

Terdiri atas tanda Pemimpin Regu Utama (Pratama), Pemimpin Regu (Pinru), atau Wakil Pemimpin Regu (Wapinru) dengan bentuk balok berwarna merah. Balok tiga untuk Pratama, balok dua untuk Pinru, dan balok satu untuk Wapinru.

10. Tanda Regu

Berbentuk persegi dengan gambar sesuai dengan nama regunya. Untuk Putri biasanya dengan nama-nama bunga sedangkan Putra dengan nama-nama hewan. Baik Putra maupun Putri, pemasangannya adalah di lengan baju sebelah kiri paling atas.

11. Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penggalang

Tanda Kecakapan Umum terdiri atas tiga tingkatan yaitu Ramu, Rakit, dan Terap. Baik Putra maupun Putri, pemasangannya adalah di lengan baju sebelah kiri, di bawah tanda regu.

Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Untuk Putra Dan Putri

Nah sobat Pramuka, agar kamu lebih paham tentang letak pemasangan atribut Pramuka yang sudah dijelaskan di atas tadi, ada baiknya kamu melihat gambar yang ada di bawah ini.

1. Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Untuk Putra

Semua atribut atau tanda pengenal pada Pramuka Penggalang Putra di pasang sesuai dengan yang tampak pada gambar berikut ini:

cara pemasangan atribut baju pramuka putra

2. Gambar Pemasangan Atribut Pramuka Penggalang Untuk Putri

Semua atribut atau tanda pengenal pada Pramuka Penggalang Putri di pasang sesuai dengan yang tampak pada gambar berikut ini:

cara pemasangan atribut baju pramuka cewek

Nah sobat, itulah pembahasan lengkap tentang atribut (tanda pengenal) Pramuka Penggalang lengkap dengan gambar dan cara pemasangannya. Semoga materi pramuka ini dapt bermanfaat bagi kamu semua ya! Jangan lupa untuk bagikan materi kepramukaan ini kepada teman Pramuka kamu yang lain. Cukup sekian, Wassalamu’alaikum and Be Prepared!